Sukses

PBSI Tarik Jonatan Christie dari 2 Turnamen Bulu Tangkis di Eropa

Selain Jonatan Christie, PBSI juga menarik Chico Aura Dwi Wardoyo dan Putri Kusuma Wardani dari 2 turnamen bulu tangkis di Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - PP PBSI memutuskan menarik tiga pebulu tangkis dari keikutsertaan di turnamen Swiss Terbuka dan Jerman Terbuka yang digelar Maret 2021. Mereka adalah Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Putri Kusuma Wardani.

Menurut Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky, mereka ditarik dari dua turnamen bulu tangkis level Super 300 tersebut dengan alasan yang berbeda. Jojo, sapaan akrab Jonatan Christie, ditarik karena performanya turun setelah tampil di Yonex Thailand Terbuka dan Toyota Thailand Terbuka, Januari lalu.

Penampilan peraih medali emas pada Asian Games 2018 ini tidak maksimal. Jojo terhenti di perempat final pada Yonex Thailand Terbuka. Sedangkan di Toyota Thailand Terbuka, dia terganjal pada babak pertama.

"Kemarin melihat penampilan atau performance Jojo di dua turnamen Thailand Open kurang maksimal, performance-nya kurang baik," kata Rionny di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, dalam rilis PBSI yang diterima Liputan6.com, Jumat (5/2/2021).

"Saya juga sudah konfirmasi dengan ko Hendry, pelatihnya, lebih baik dia berlatih dulu untuk perbaiki performance-nya untuk mengikuti kejuaraan selanjutnya. Setelah dia siap, baru dikirim kembali."

Pelatih kepala tunggal putra PBSI Hendry Saputra mengatakan kondisi Jojo memang belum siap untuk kembali berkompetisi. Menurutnya, lebih baik waktunya digunakan untuk berlatih.

"Jojo biarkan dia berlatih dulu, sampai dia siap untuk dikirim ke turnamen selanjutnya," tegas Hendry.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Chico dan Putri

Sementara untuk penarikan Chico dan Putri, berdasarkan daftar tunggu pemain pada dua turnamen di Eropa tersebut. Posisi keduanya terlalu jauh untuk mendapat kesempatan bertanding.

"Untuk Putri dan Chico, itu daftar tunggunya terlalu jauh. Chico berada pada urutan 17, sementara Putri urutan 40-an," papar Rionny.

"Kita tidak mau ambil risiko kalau mereka berangkat dan tidak mendapatkan kesempatan bertanding, sayang waktunya. Lebih baik mereka berlatih dulu di sini, mempersiapkan dirinya untuk turnamen berikutnya."

3 dari 4 halaman

Babak kualifikasi ditiadakan

Biasanya, pada kondisi normal, terdapat babak kualifikasi di turnamen level Super 300. Tapi, di tengah pandemi Covid-19 yang belum mereda, babak kualifikasi ditiadakan.

"Itu sangat disayangkan, pada masa pandemi seperti ini untuk level Super 300 dan 500 babak kualifikasinya ditiadakan. Kalau ada mungkin peluang besarnya pada Chico yang bisa tampil di kejuaraan itu," ucap Rionny.

 

4 dari 4 halaman

Berikut daftar pemain Pelatnas PBSI pada Swiss Terbuka dan Jerman Terbuka:

Swiss Terbuka:

Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan

Ganda Putra: Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, Nita Violina Marwah/Putri Syaikah.

Ganda Campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Jerman Terbuka:

Tunggal Putra: Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito

Tunggal Putri: Gregoria Mariska Tunjung, Ruselli Hartawan

Ganda Putra: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Ganda Putri: Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, Nita Violina Marwah/Putri Syaikah.

Ganda Campuran: Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, Adnan Maulana/Mychelle Crhystine Bandaso, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.