Baru Melatih, Pelatih Athletic Bilbao Sudah Rebut Trofi dan Sikat Barcelona-Real Madrid

Oleh Defri Saefullah pada 18 Jan 2021, 20:04 WIB
Diperbarui 18 Jan 2021, 20:04 WIB
Selebrasi Pemain Athletic Bilbao Juara Piala Super Spanyol Usai Bungkam Barcelona
Perbesar
Pelatih Athletic Bilbao, Marcelino Garcia Toral mengangkat trofi Piala Super Spanyol usai pertandingan final melawan Barcelona di stadion La Cartuja di Seville, Senin (18/1/2021). Bilbao pernah juara Piala Super Spanyol pada tahun 1984 dan terakhir 2015. (AFP/RFEF/Pablo Garcia)

Liputan6.com, Sevilla- Pelatih Athletic Bilbao, Marcelino Garcia Toral boleh jadi tak pernah percaya dengan apa yang dialaminya usai kalahkan Barcelona 3-2 pada final Piala Super Spanyol di stadion Olimpico de Sevilla, Senin (18/1/2021). Baru melatih sejak 4 Januari 2021, Marcellino sudah menorehkan prestasi gemilang.

Uniknya, mantan pelatih Valencia ini juga baru tampil melawan Barcelona dan Real Madrid. Di La Liga, dia memang lakoni debut dengan kekalahan 2-3 lawan Barcelona.

Namun di Piala Super Spanyol, Bilbao mampu singkirkan dua lawan kuat sekaligus yaitu Real Madrid dan Barcelona. Ini juga diakui Marcellino usai pertandingan lawan Barca.

"Saya belum banyak melakukan perubahan di Bilbao, tapi ternyata kami berhasil produktif," ujar Marcellino seperti dikutip marca.

"Pujian pantas diberikan ke pemain yang berkat kerja keras pantas main di Piala Super Spanyol. Lalu mereka menangi kompetisi ini dengan mengalahkan Real Madrid dan Barcelona."

 

2 dari 4 halaman

Misi Mustahil

FOTO: Taklukkan Barcelona, Athletic Bilbao Juara Piala Super Spanyol
Perbesar
Para pemain Athletic Bilbao melakukan selebrasi usai menjuarai Piala Super Spanyol di Stadion La Cartuja, Minggu (17/1/2021). Athletic Bilbao menang 3-2 atas Barcelona. (AP/Miguel Morenatti)

Marcellino mengaku nyaris tak percaya dengan apa yang terjadi dengannya saat ini. Dia yakin sulit mengulangi prestasi seperti ini di masa mendatang.

"Saya kira ini misi mustahil. Sejujurnya saya tak tahu berapa semifinal agar bisa sampai final. Mungkin ada delapan laga yang saya jalani untuk jalani dua laga final bersama Valencia dan Bilbao," ujarnya.

Ya, Marcellino kebetulan juga meraih juara Piala Raja pada 2019 bersama Valencia. Kebetulan saat itu dia juga antarkan Valencia kalahkan Barcelona 2-1.

 

3 dari 4 halaman

Kaget

FOTO: Taklukkan Barcelona, Athletic Bilbao Juara Piala Super Spanyol
Perbesar
Para pemain Athletic Bilbao melakukan selebrasi usai menjuarai Piala Super Spanyol di Stadion La Cartuja, Minggu (17/1/2021). Athletic Bilbao menang 3-2 atas Barcelona. (AFP/Pablo Garcia)

 

Marcellino mengaku kaget dengan reaksi yang ditunjukkan pemain Bilbao saat dirinya melatih. Padahal, dia datang ke klub ini dengan rendah hati.

"Saya juga ingin meneruskan apa yang sudah bagus dilakukan pelatih sebelumnya. Luar biasa bagaimana pemain bersemangat untuk kejar juara," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Piala Super Spanyol di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓