Sukses

Jalan Terjal McGregor Mengejar Gelar di Tinju Profesional

WBC telah memberi lampu hijau kepada Conor McGregor mengejar gelar di tinju profesional, tapi....

Liputan6.com, Jakarta Presiden Word Boxing Council (WBC), Mauricio Sulaiman, memberi lampu hijau kepada Conor McGregor untuk beralih ke tinju profesional. Hanya saja, proses yang harus dilalui ternyata tidak bisa instan. 

McGregor telah merasakan kejayaan di panggung Mixed Martial Art (MMA). Petarung asal Republik Irlandia itu pernah menjadi juara kelas bulu dan ringan Ultimate Fighting Championship (UFC). 

Namun pada 24 Agustus 2017 lalu, McGregor menjajal kemampuannya di atas ring tinju melawan Floyd Mayweather Jr. Dalam duel kelas welter super itu, Notorious kalah TKO di ronde 10. 

Sulaiman seperti dilansir dari Marca, mengatakan, McGregor bukan satu-satunya petinju profesional yang berangkat dari cabang bela diri lainnya. Namun menurutnya untuk melangkah lebih jauh, ada beberapa tahapan yang perlu dilalui untuk mencapai puncak karier sebagai juara dunia. 

"Kami punya banyak contoh atlet Muay Thay yang akhirnya beralih ke tinju profesional dan mereka berhak untuk bertarung memperbutkan gelar," kata Sulaiman. "Kami juga punya bintang tinju amatir seperti Vasiliy Lomachenko yang beralih ke tinju profesional dan berhasil merebut gelar," bebernya. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Terjal McGregor

Sulaiman menjelaskan, sebagai pendatang baru, McGregor harus meniti karier dari bawah. Pertama-tama dia harus berhadapan dengan petinju yang berada di rangking terbawah, yakni 15.  

"Setelah itu, dia akan punya peringkat dan berpeluang untuk bertanding untuk mendapatkan gelar."

Bila beruntung, McGregor bisa segera mengejar gelar bila dipilih oleh pemegang sabuk juara sebagai lawan dalam duel mempertahankan gelar. Atau McGregor bisa tetap bertanding dan memperbaiki ranking hingga berada di urutan pertama dan tinggal menunggu laga wajib sang juara bertahan. 

 

3 dari 3 halaman

Pertarungan McGregor

McGregor sendiri rencananya akan kembali bertarung di arena UFC melawan Dustin Poirier pada 23 Januari 2021. Di luar pertarungan ini, McGregor juga tengah menjajaki kemungkinan duel melawan Manny 'Pacman' Pacquiao. Wacana ini bahkan sudah mendapat lampu hijau dari kubu Pacquiao. 

Meski demikian, pertarungan melawan Pacquiao tidak akan membawa McGregor ke mana-mana. Meski musuh yang dihadapi merupakan juara dunia, duel tidak dihitung sebagai perebutan gelar. Untuk mendapatkannya, McGregor harus mengikuti aturan badan tinju seperti yang disampaikan Sulaiman. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.