Sukses

Komunitas Trabaz Indonesia Gelar Touring dan Pandu Jelajah Medan Offroad di Tahun Baru

Komunitas pemilik mobil Chevrolet Trailblazer Colorado atau Trabaz Indonesia punya cara khusus untuk merayakan Tahun Baru lalu

Liputan6.com, Jakarta Komunitas Pemilik & Pecinta Mobil Chevrolet Trailblazer Colorado (Trabaz) punya cara unik untuk merayakan Tahun Baru. Pada 26 Desember-2 Januari 2021, Trabaz menggelar touring wisata bertajuk "Trabaz Back To Nature #2".

Selain Touring wisata, mereka juga menggelar bakti sosial dan juga memberi panduan kepada masyarakat dalam membuat rute-rute offroad.Tentu saja yang mereka lakukan bertalian dengan pandemi Covid-19 yang ikut melanda Indonesia.

Beberapa tempat wisata di Jawa Timur jadi pilihan. Seperti Air terjun Tumpak Sewu, Lava Semeru, Savana Pandan Wangi di Lumajang, hutan D'Jawatan, Pantai Sukamade Merubetiri, pantai Pulau Merah di Banyuwangi, Bukit Jabal Kirmit di Bondowoso. Gunung Bromo di Probolinggo dan Pasuruan menjadi destinasi utama.

Sebelum secara resmi mendeklarasikan diri Oktober 2020 lalu, komunitas ini sudah melakukan gebrakan. Mereka menggelar touring wisata dan bakti sosial dengan membagikan 1.000 lembar masker non medis dan paket sembako di daerah Coban Talun, Kota Batu dan daerah Pujon Kidul, KabupatenMalang.

Touring wisata akhir dan awal tahun 2021 Trabaz Indonesia berjalan lancar dan sangat memuaskan setiap peserta. Protokol kesehatan tetap dipatuhi. Setiap peserta wajib Swab antigen dan membawa surat kesehatan dari dokter yang melakukan pemeriksaan demi kesehatan bersama.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kegiatan Sosial

Selain bertujuan mempromosikan tempat-tempat wisata dan memperkenalkan budaya lokal Indonesia, kegiatan yang diikuti 24 mobil Chevrolet Trailblazer dan Colorado ini juga kembali melakukan serangkaian aksi kepedulian sosial dengan membagikan paket sembako dan BLT kepada beberapa kelompok masyarakat di Dusun Sumbersari, DesaSupiturang, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, yang mana daerah ini terkena dampak paling parah akibat erupsi Gunung Semeru beberapa waktu lalu.

Komunitas Trabaz juga memberikan paket bantuan berupa 1.200 pcs masker non medis dan BLT kepada masyarakat pedalaman yang tinggal di dalam kawasan Taman Nasional Merubetiri, tepatnya di Dusun Sukamade, Desa Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi.

"Harapan kami dengan adanya kegiatan bakti sosial dalam setiap kegiatan touring, dapat memberikan azas manfaat yang bisa diterima dan dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Dengan sendirinya akan menumbuhkan kesan baik dan penilaian positif untuk kegiatan-kegiatan touring wisata yang dilakukan oleh berbagai komunitas otomotif di Indonesia," ujar Ketua dan pendiri Trabaz Indonesia, Johan seperti rilis yang diterima media.

"Kalau ada yang ingin bergabung di Trabaz Indonesia atau mau melihat kegiatan kami, bisa buka langsung di www.trabazindonesia.id, semua ada disitu," ujarnya, menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Panduan Offroad

 

Dalam setiap kegiatan, komunitas Trabaz juga menggandeng beberapa pihak setempat khususnya komunitas jeep wisata dengan cara memberdayakan mereka untuk menyiapkan rute-rute fun offroad. Mereka sekaligus menjadi pemandu pada saat jelajah wisata-wisata alam terpencil dengan melalui medan-medan offroad.

Dengan begitu, kegiatan touring yang dilakukan komunitas Trabaz bisa berjalan lancar dan semata-mata bukan untuk kepentingan sendiri tapi juga menjalin kerja sama yang baik antara komunitas dengan berbagai pelaku wisata setempat.

"Puncak rangkaian kegiatan yang jadi sejarah bagi komunitas kami adalah deklarasi pendirian komunitas pemilik dan pecinta mobil Chevrolet Trailblazer Colorado Indonesia (Trabaz) yang kami lakukan di Banyuwangi pada 31 Desember 2020 tepat malam pergantian tahun," ujar Johan.

"Melalui acara sederhana yang dihadiri oleh jajaran pendiri dan pengurus komunitas untuk pertama kalinya, kami mengukuhkan diri secara resmi sebagai sebuah klub otomotif yang secara hukum tercatat melalui akta notaris dan Kemenkumham dan juga terdaftar dalam keanggotaan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Prov. DKI Jakarta. Semoga ke depan, Trabaz menjadi komunitas besar yang dapat memberikan manfaat baik untuk seluruh anggotanya dan juga untuk seluruh masyarakat Indonesia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.