Sukses

Positif Covid-19, Kevin Sanjaya Sukamuljo Batal Bertanding di Bangkok

Kevin Sanjaya Sukamuljo positif terinfeksi Covid-19. Bersama pasangannya Marcus Fernaldi Gideon, Kevin batal tampil dalam tiga turnamen di Bangkok, Thailand.

Liputan6.com, Jakarta - Kevin Sanjaya Sukamuljo dipastikan batal tampil pada turnamen bulu tangkis intenasional yang digelar di Bangkok, Thailand, Januari 2021. Ini dikarenakan hasil swab test PCR pemain ganda putra berusia 25 tahun itu dinyatakan positif terinfeksi Covid-19.

"Berdasarkan tes terakhir yang dijalani Kevin pada 31 Desember 2020, hasil swab test PCR dia positif," kata dr. Octaviani, dokter di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, dalam rilis yang diterima Liputan6.com di Jakarta, Senin (4/1/2021).

Karena sudah positif, Kevin Sanjaya Sukamuljo tidak melakukan swab test PCR di Pelatnas Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu, 2 Januari 2021 bersama 40 anggota tim yang akan berangkat ke Thailand. Apalagi sejak pertengahan Desember 2020, pemain kelahiran Banyuwangi, Jawa Timur, 2 Augustus 1995 ini juga sudah dipisahkan dengan rekan sepelatihan di Cipayung.

Menurut dr. Octaviani, swab test PCR terakhir Kevin dilakukan di Rumah Sakit Mitra Keluarga, Kelapa Gading, Jakarta Utara, 31 Desember 2020. Tiga hari sebelumnya, dia juga sempat menjalani tes serupa di tempat yang sama.

Hasilnya, Kevin Sanjaya Sukamuljo positif terinfeksi yang disebabkan oleh virus SARS CoV-2 tersebut.

 

 

Saksikan Video Kevin Sanjaya Sukamuljo di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejak Desember 2020

Gejala terinfeksi Covid-19 sebenarnya sudah dirasakan Kevin sekitar medio Desember 2020. Ketika itu, dia mulai tidak bisa mencium bau makanan. Makan pun terasa hambar. Juga sedikit flu.

Kevin kemudian melakukan swab test PCR di RS Mitra Keluarga, Kelapa Gading, pada 20 Desember 2020, dan hasilnya positif. Dia lantas menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Terima kasih atas doa dan dukungannya, semoga saya bisa cepat pulih dan bisa berlatih kembali seperti semula. Ini sekaligus pelajaran bagi saya untuk selalu waspada ke depannya," ucap Kevin.

 

 

3 dari 4 halaman

Tiga Turnamen

Sejatinya, pasangan Marcus Fernaldi Gideon di nomor ganda putra itu akan berlaga pada tiga turnamen yang digelar Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

Ketiga turnamen yang berlangsung secara simultan itu diawali dengan kategori BWF Super 1000, yakni Yonex Thailand Terbuka yang berlangsung 12-17 Januari dan Toyota Thailand Terbuka (19-24 Januari).

Selain itu, Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon juga batal tampil di Final BWF World Tour 2020. Turnamen ini akan berlangsung 27-31 Januari.

Karena positif Covid-19, Kevin dan Marcus yang merupakan ganda putra nomor satu dunia sekaligus unggulan pertama terpaksa mundur dari seluruh rangkaian kejuaraan tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Tidak Laik Bertanding

Kepala pelatih ganda putra Pelatnas Cipayung Herry Iman Pierngadi mengatakan walaupun tes swab PCS terakhir negatif, Kevin juga tidak bisa bertanding di Thailand. "Menurut saya, dia tetap tidak laik untuk bertanding di tiga kejuaraan yang sangat berat ini. Persiapannya juga tidak cukup," ujarnya.

"Makanya, keputusannya jelas. Kevin tidak kita bawa ke Bangkok dan harus menjalani isolasi mandiri biar memulihkan kesehatannya dulu."

Ditambahkan Herry IP, sejak positif Covid-19 pada 31 Desember lalu, kesehatan Kevin terus dipantau. Baru empat hari kemudian dirilis soal berita dirinya positif. Ini semata-mata agar tidak memengaruhi semangat tim yang akan berangkat ke Negeri Gajah Putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.