Sukses

Piala Dunia U-20 Ditunda, Timnas U-19 Tetap Berlatih di Spanyol

Timnas U-19 Indonesia tetap menggelar latihan di Spanyol meski Piala Dunia U-20 ditunda hingga 2023.

Liputan6.com, Jakarta Timnas U-19 Indonesia tak mengubah program latihan ke Spanyol meski Piala Dunia U-20 pada 2021 ditunda ke 2023. PSSI tetap memberangkatkan pemain untuk menggelar TC hingga 31 Januari 2021 nanti.

Menurut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule latihan harus tetap digelar. Soalnya, pembinaan pemain, kata dia, harus terus berlanjut.

"PSSI tetap berkomitmen terhadap timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 diundur ke tahun 2023, pemain ini adalah cikal bakal timnas U-23 maupun timnas senior nantinya," kata Iriawan seperti dikutip situs resmi PSSI.

TC di Spanyol dijadwalkan hingga 31 Januari mendatang. Selain menjalani TC, skuat Garuda Nusantara juga akan melakoni beberapa laga uji coba.

Timnas U-19 dalam waktu dekat akan mengikuti turnamen Piala AFC U-19 pada Maret mendatang di Uzbekistan.

"Kami berharap pemain terus bersemangat dan terus bekerja keras. TC Spanyol juga jadikan ajang untuk menambah pengalaman, skill, fisik dan lain-lainnya," katanya.

 

Saksikan Video Timnas U-19 di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyusul

Sementara itu, pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong akan menyusul ke Spanyol pada 2 Januari 2021 mendatang. Hal ini karena pelatih asal Korea Selatan tersebut masih memimpin timnas Indonesia persiapan SEA Games 2021 yang saat ini masih menjalani TC di Jakarta.

"Timnas U-19 akan didampingi Direktur Teknik (Indra Sjafri) dan tiga pelatih lokal (Nova Arianto, Alex Alda, Sahari Gultom). Saya beserta tim pelatih asal Korea Selatan akan menyusul pada 2 Januari mendatang usai TC timnas Indonesia persiapan SEA Games berakhir," kata Shin Tae-yong.

Sebelumnya, Shin diagendakan akan ikut langsung bersama anak-anak asuhnya dari Jakarta. Namun pada akhirnya ia memilih untuk memimpin lebih dulu pemusatan latihan timnas U-23 yang berlangsung hingga akhir bulan ini.

 

3 dari 4 halaman

Pembinaan

 

​​​​Sementara itu, Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi membenarkan program latihan ke Spanyol tak mengalami perubahan.TC ini merupakan tanggung jawab PSSI dalam membina pemain untuk masa depan.

Di samping itu, PSSI juga tetap harus mempersiapkan para pemain U-19 karena masih ada satu turnamen lagi yang hingga saat ini belum mengalami perubahan yakni Piala AFC U-19 di Uzbekistan pada Maret 2021.

"Maret kan ada AFC Cup di Uzbekistan, Insya Allah mereka akan ikut di AFC Cup di bulan Maret. Insya Allah kita menganggap mereka yang terbaik. Pada saat nanti anak-anak inilah yang akan menjadi pemain timnas U-23, senior, di waktu yang akan datang dan menjadi andalan kita," katanya.

4 dari 4 halaman

Daftar Pemain

Berikut daftar 30 nama pemain yang ikut TC ke Spanyol:

1. Rizky Ridho - Persebaya

2. Erlangga Setyo - Persib

3. Bagas Kaffa - Barito Putera

4. Mohammad Kanu - Babel United

5. M. Adi Satrio - PSMS

6. Mochammad Supriadi - Persebaya

7. Irfan Jauhari - Bali United

8. Pratama Arhan - PSIS

9. Braif Fatari - Persija

10. Bayu M Fiqri - Persib

11. Khairul Imam Zakiri - Gymnastica Cueta

12. Saddam Gaffar - PSS Sleman

13. Muhammad Fadhil- Semen Padang

14. Sandi Samosir - Persija

15. Arya Gerryan - Borneo FC

16. Andre Oktaviansyah-

17. Komang Teguh - Borneo FC

18. David Maulana - Barito Putera

19. Moh. Bahril Fajar - PSIS

20. Salman Alfarid - Persija

21. Rendy Juliansyah-

22. Titan Agung Bagus - Arema

23. Kakang Rudianto - Persib

24. Alfrianto Nico - Persija

25. Genta Alparedo - Semen Padang

26. Fajar Fathur Rahman - Borneo FC

27. Pualam Bahari - Borneo FC

28. Witan Sulaeman - FK Radnik Surdulica

29. Elkan Baggott- Ipswich Town FC

30. Kelana Noah Mahessa- Bonner SC

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.