Sukses

Belajar dari Kesalahan, Ini Rencana Yamaha untuk Cal Crutchlow di MotoGP 2021

Yamaha menggunakan Cal Crutchlow sebagai pembalap penguji di MotoGP 2021.

Liputan6.com, Tokyo - Yamaha tidak akan mengulang kesalahan pada MotoGP 2021. Mereka sudah menyusun jadwal pengujian intensif bagi pembalap penguji Cal Crutchlow.

Direktur Pelaksana Yamaha Lin Jarvis memastikan hal itu menyusul nestapa di MotoGP 2020. Mereka tidak bisa melakukan perbaikan yang berujung kegagalan Fabio Quartararo, Maverick Vinales, serta Valentino Rossi.

Pembalap Yamaha paling bersinar justru Franco Morbidelli yang memakai mesin 2019. "Kami tidak akan membuat kesalaham sama dua kali. Jelas kami bakal membuat jadwal pengujian lebih padat ketimbang tahun lalu," ungkap Jarvis.

"Kami sudah banyak memiliki informasi berdasar kinerja 2020. Nanti juga bakal ada data dari Cal. Jadi kami optimistis bisa memperbaiki masalah pada musim depan."

"Cal adalah pilihan bagus. Dia pekerja keras dan antusias terlibat dalam proyek ini," sambung Jarvis, dilansir Crash.

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rencana Berantakan

 

Yamaha sebenarnya memiliki ambisi besar untuk 2020 dengan menggandeng juara dunia MotoGP tiga kali Jorge Lorenzo sebagai pembalap penguji. Namun pandemi Covid-19 membuat rencana mereka berantakan.

Pabrikan Tiga Garpu Tala terlanjur menyusun tim pengujian dari Jepang. Sedangkan di sisi lain terdapat larangan perjalanan akibat pandemi Covid-19.

Akibatnya Yamaha menjadi tim dengan waktu pengujian paling sedikit pada 2020. Mereka hanya tampil di Sepang selama dua hari sebelum pandemi serta di Portimao, itu pun menggunakan motor 2019.

 

3 dari 4 halaman

Gantikan Lorenzo

Yamaha mengganti Lorenzo dengan Crutchlow untuk 2021. Jarvis menyebut keputusan itu didasari kebugaran.

"Lorenzo sudah terlalu lama tidak mengendarai motor. Sementara Cal baru saja menjalani kompetisi penuh," kata Jarvis.

"Dia fit, siap, dan tersedia. Saya yakin Cal pilihan terbaik bagi kami saat ini."

 

4 dari 4 halaman

Karier Crutchlow

Crutchlow membalap bersama tim satelit Yamaha dan Honda serta pabrikan Ducati di kelas utama. Dia mengantongi tiga kemenangan sepanjang kariernya.

Pembalap asal Inggris itu dijadwalkan tampil pada tes resmi pramusim di Sepang, Februari 2021. Crutchlow juga berpotensi melakoni balapan sebagai wildcard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.