MU vs Leeds United, Kisah Marcelo Bielsa yang Selalu Menyulitkan

Oleh Defri Saefullah pada 20 Des 2020, 19:00 WIB
Diperbarui 20 Des 2020, 19:00 WIB
Hattrick Patrick Bamford Bawa Leeds United Lumat Aston Villa di Liga Inggris
Perbesar
Pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa, memberikan arahan kepada pemainnya saat melawan Aston Villa pada laga lanjutan Liga Inggris di Villa Park, Sabtu (23/10/2020) dini hari WIB. Leeds United menang 3-0 atas Aston Villa. (AFP/Michael Steele/pool)

Liputan6.com, Jakarta Duel Manchester United (MU) melawan Leeds United pada lanjutan Liga Inggris di Old Trafford stadium, Minggu (20/12/2020) akan mengingatkan orang dengan memori 2012 dan Marcelo Bielsa. Pelatih Leeds United asal Argentina ini dikenal selalu menyulitkan MU.

Ini sudah dilakukannya pada 2012 saat masih melatih Athletic Bilbao. Kala itu, Bilbao dicap underdog saat melawan MU di Old Trafford.

Namun siapa sangka MU yang masih dilatih Sir Alex Ferguson harus tertunduk kecewa. Man Utd kalah 2-3 dari tim underdog, Bilbao pada laga 16 besar Liga Europa.

"Itu memori yang sulit dilupakan. Memori itu banyak. Namun bagi pemain dan 8.000 fans asal Basque yang hadiri laga itu akan selalu ingat," ujar Bielsa seperti dikutip Goal.com.

MU saat itu tidak full team, tapi Manchester United masih bisa menampilkan De Gea, Patrice Evra, Ryan Giggs, Wayne Roone dan Javier Hernandez. Tapi Setan Merah terkaget-kaget dengan permainan Bilbao yang menerapkan strategi menekan dengan bola yang mengalir dari kaki ke kaki.

 

2 dari 6 halaman

Tak Kenal Lelah

FOTO Liga Inggris: Ekspresi 2 Pelatih Kala Leeds Sua Arsenal
Perbesar
Pelatih Leeds United, Marcelo Bielsa berjalan tenang di pinggir lapangan menjelang pertandingan melawan Arsenal. (AFP/Molly Darlington/Pool)

Bilbao saat itu memang dihuni generasi emas seperti Ander Herrera, Javi Martinez, Gorka Iraizoz, Iker Muniain dan Fernando Llorente. Usai pertandingan, Ferguson kagum dengan daya jelajah pemain Bilbao.

"Penampilan mereka luar biasa, tak hanya kemampuan tapi juga energi mereka. Saya pikir tertinggi dalam 10 tahun terakhir ini dalam hal jarak berlari," kata Ferguson saat itu.

 

3 dari 6 halaman

Siap Mental

FOTO Liga Inggris: Ekspresi 2 Pelatih Kala Leeds Sua Arsenal
Perbesar
Setelah instruksinya dijalankan dengan baik oleh anak buahnya, Marcelo bielsa duduk tenang di bench sambil tetap mengamati jalannya pertandingan. Hasil 0-0 belum mampu mengangkat timnya dari posisi ke-14 (AFP/Molly Darlington/Pool)

Kalau Ferguson saja salut dengan Bielsa, bagaimana dengan Solskjaer? Solskjaer tentu harus banyak bersiap untuk menghadapi Bielsa yang kini menghadapi rival bebuyutan MU di masa lampau.

"Saya tak sabar menanti laga nanti, tentu karena mereka sudah lama tidak main di Liga Inggris. Saya tahu arti duel ini buat klub dan suporter," ujar Solskjaer.

4 dari 6 halaman

Klasemen Liga Inggris

5 dari 6 halaman

Jadwal Liga Inggris

 

Minggu, 20 Desember 2020

23.30 WIB: Manchester United vs Leeds United

Senin, 21 Desember 2020

02.15 WIB: West Bromwich Albion vs Aston Villa

 

Selasa, 22 Desember 2020

00.30 WIB: Burnley vs Wolverhampton Wanderers

03.00 WIB: Chelsea vs West Ham United

6 dari 6 halaman

Saksikan Video MU di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓