Sukses

MU vs Leeds United, Kisah Marcelo Bielsa yang Selalu Menyulitkan

MU bakal menghadapi Leeds United yang ditukangi pelatih berpengalaman yang pernah membuat sir Alex Ferguson terkesima.

Liputan6.com, Jakarta Duel Manchester United (MU) melawan Leeds United pada lanjutan Liga Inggris di Old Trafford stadium, Minggu (20/12/2020) akan mengingatkan orang dengan memori 2012 dan Marcelo Bielsa. Pelatih Leeds United asal Argentina ini dikenal selalu menyulitkan MU.

Ini sudah dilakukannya pada 2012 saat masih melatih Athletic Bilbao. Kala itu, Bilbao dicap underdog saat melawan MU di Old Trafford.

Namun siapa sangka MU yang masih dilatih Sir Alex Ferguson harus tertunduk kecewa. Man Utd kalah 2-3 dari tim underdog, Bilbao pada laga 16 besar Liga Europa.

"Itu memori yang sulit dilupakan. Memori itu banyak. Namun bagi pemain dan 8.000 fans asal Basque yang hadiri laga itu akan selalu ingat," ujar Bielsa seperti dikutip Goal.com.

MU saat itu tidak full team, tapi Manchester United masih bisa menampilkan De Gea, Patrice Evra, Ryan Giggs, Wayne Roone dan Javier Hernandez. Tapi Setan Merah terkaget-kaget dengan permainan Bilbao yang menerapkan strategi menekan dengan bola yang mengalir dari kaki ke kaki.

 

Saksikan Video MU di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tak Kenal Lelah

Bilbao saat itu memang dihuni generasi emas seperti Ander Herrera, Javi Martinez, Gorka Iraizoz, Iker Muniain dan Fernando Llorente. Usai pertandingan, Ferguson kagum dengan daya jelajah pemain Bilbao.

"Penampilan mereka luar biasa, tak hanya kemampuan tapi juga energi mereka. Saya pikir tertinggi dalam 10 tahun terakhir ini dalam hal jarak berlari," kata Ferguson saat itu.

 

3 dari 5 halaman

Siap Mental

Kalau Ferguson saja salut dengan Bielsa, bagaimana dengan Solskjaer? Solskjaer tentu harus banyak bersiap untuk menghadapi Bielsa yang kini menghadapi rival bebuyutan MU di masa lampau.

"Saya tak sabar menanti laga nanti, tentu karena mereka sudah lama tidak main di Liga Inggris. Saya tahu arti duel ini buat klub dan suporter," ujar Solskjaer.

4 dari 5 halaman

Klasemen Liga Inggris

5 dari 5 halaman

Jadwal Liga Inggris

 

Minggu, 20 Desember 2020

23.30 WIB: Manchester United vs Leeds United

Senin, 21 Desember 2020

02.15 WIB: West Bromwich Albion vs Aston Villa

 

Selasa, 22 Desember 2020

00.30 WIB: Burnley vs Wolverhampton Wanderers

03.00 WIB: Chelsea vs West Ham United

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Marcelo Bielsa