3 Kandidat Pengganti Mikel Arteta di Arsenal

Oleh Thomas pada 14 Des 2020, 13:00 WIB
Diperbarui 14 Des 2020, 19:16 WIB
Foto Liga Inggris: Ekspresi Mikel Arteta Usai Arsenal Digilas Tottenham Hotspur
Perbesar
Pelatih Arsenal, Mikel Arteta, tampak kecewa saat melawan Tottenham Hotspur pada laga Liga Inggris di London, Minggu (6/12/2020). Tottenham menang dengan skor 2-0. (Glyn Kirk/Pool via AFP)

Liputan6.com, Jakarta- Posisi Mikel Arteta sebagai manajer Arsenal semakin di ujung tanduk. Meriam London kembali menelan kekalahan di Liga Inggris. Pada Minggu (13/12/2020), Arsenal kalah 0-1 dari Burnley.

Bermain di kandang sendiri, Arsenal tak bisa menjebol gawang Burnley. Gawang Arsenal malah kebobolan di babak kedua oleh bunuh diri penyerang Pierre Emerick Aubameyang.

Kekalahan dari Burnley membuat Arsenal terbenam di posisi 15 klasemen sementara Liga Inggris. Arsenal baru mendapatkan 13 poin dari 12 pertandingan.

Praktis Arsenal kalah beruntun empat kali di laga kandang Liga Inggris. Ini menjadi catatan terburuk mereka sejak Desember 1959.

Kekalahan dari Burnley membuat Arteta kemungkinan besar akan dipecat Arsenal. Pria Spanyol itu dikabarkan akan didepak pada pekan ini.

Ada tiga kandidat terkuat untuk menggantikan Arteta jika Arsenal benar-benar memecatnya. Siapa saja? Simak di halaman berikutnya:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Maurizio Sarri

Pelatih Juventus, Maurizio Sarri.
Perbesar
Pelatih Juventus, Maurizio Sarri. (AFP/Jonathan Nackstrand)

Menurut laporan StadioSport, salah satu sosok yang disiapkan Arsenal untuk menggantikan Arteta adalah mantan pelatih Juventus Maurizio Sarri.

Kebetulan Sarri sedang menganggur saat ini usai didepak Juventus akhir musim lalu meski mampu mempersembahkan Scudetto.

Arsenal yakin Sarri takkan kesulitan beradaptasi. Pasalnya Sarri sudah pernah melatih klub Inggris lainnya Chelsea. Ketika itu Sarri membantu Chelsea juara Liga Europa.

Pengalaman melatih Chelsea membuat Sarri sudah paham dengan bahasa Inggris sehingga tidak akan merepotkan Arsenal saat menunjuknya menggantikan Arteta.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Massimiliano Allegri

Perjalanan Sukses Massimiliano Allegri Bersama Juventus
Perbesar
Massimiliano Allegri (AFP/Isabella Bonotto)

Satu lagi pelatih Italia yang masuk radar Arsenal adalah Allegri. Allegri juga kebetulan sedang tidak melatih tim manapun. Sejak musim lalu Allegri cuti dari dunia sepak bola.

Allegri diyakini sangat tertarik mencoba petualangan di Inggris. Dia sudah belajar bahasa Inggris sejak beberapa tahun lalu.

Mantan aristek AC Milan ini cukup cocok memoles tim seperti Arsenal. Allegri mampu membangkitkan beberapa pemain yang mulai redup sinarnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Eddie Howe

Eddie Howe
Perbesar
Eddie Howe. (afcb.co.uk)

Eddie Howe sebenarnya sudah lama dikaitkan dengan Arsenal. Howe sempat dijagokan melatih Arsenal usai Arsene Wenger memutuskan mundur.

Kini Howe kembali dikaitkan dengan Arsenal sebagai pengganti Arteta. Howe juga menganggur usai mundur dari Bournemouth akhir musim lalu akibat terdegradasi.

Howe sempat sukses di Bournemouth dan mengorbitkan beberapa pemain. Dia selama delapan tahun menangani Bournemouth.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Menarik Ini

Lanjutkan Membaca ↓