Sukses

Menpora Berharap Masyarakat Ikut Semarakkan Piala Dunia U-20 2021

Menpora berharap masyarakat mulai menyemarakan Piala Dunia U-20 di Indonesia tahun depan.

Liputan6.com, Jakarta- Kompetisi Youth Fun Juggling menjadi ajang promosi pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia. Menpora Zainuddin Amali pun berharap dari event ini masyarakat kota penyelenggara dapat terbiasa dalam menyambut tamu dari luar kota dan mancanegara.

Acara yang diinisiasi Kementerian Pemuda dan Olahraga bekerja sama dengan PSSI tersebut diikuti oleh para pesepakbola usia dini. Diselenggarakan di 36 kota termasuk kota-kota tuan rumah Piala Dunia U-20. Yakni Jakarta, Bandung, Palembang, Solo dan Bali. Acara ini berakhir di Kota Surabaya yang diikuti ratusan anak-anak sekolah sepak bola.

"Acara ini sekaligus untuk mengajak masyarakat yang ada di enam kota supaya bisa mempersiapkan diri untuk mempersiapkan menyambut satu perhelatan besar yang Insya Allah akan dilaksanakan pada Mei dan Juli 2021 mendatang," kata Zainuddin kepada wartawan.

Selain itu, ditengah keringnya event sepak bola nasional, Youth Fun Juggling Competition hadir memberikan angin segar. Maklum, situasi pandemi Covid-19 membuat banyak event olahraga terhenti.

"Ini juga menjadi pengisi waktu buat anak-anak muda kita yang punya keinginan minat bakat di sepak bola. Tetapi dengan situasi pandemi sekarang ini belum bisa melakukan latihan di lapangan," kata menteri berusia 58 tahun itu.

"Karena itu, kami kreasi supaya bisa mengisi waktunya mereka. Dan juga sekaligus menjadi implementasi dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional," tambahnya.

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Potensi

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan dipilihnya Kota Pahlawan sebagai penutup karena menyimpan potensi yang sangat besar.

Meski tidak ada kompetisi, geliat sepak bola di Surabaya dan Jawa Timur terus berkembang. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Menpora, Zainudin Amali yang terus membantu dan bekerja sama dengan PSSI.

3 dari 3 halaman

Belum Ada Rekor

"Terima kasih kepada bapak Menpora yang sudah menutup rangkaian acara ini di Surabaya. Bagi saya, Jatim paling bagus dalam pembinaan sepakbolanya. Selain itu, acara ini mengingatkan kepada publik bahwa potensi sepakbola cukup besar," ungkapnya.

Sayang, pada acara di Surabaya ini belum ada yang memecahkan rekor juggling selama 37 menit. Waktu terlama dicatatkan M. Abel BT dari SSB Maesa dengan 4 menit 58 detik. Sementara di posisi berikutnya ada Andri Sehera dan Mahmusin Halim, masing-masing dengan raihan waktu 3 menit 3 detik dan 2 menit 18 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.