Sukses

Gol Ikonik Maradona Diusulkan Jadi Gambar Uang Kertas Argentina, Ada yang Protes

Ada dua tujuan yang diharapkan dari pencantuman foto Diego Maradona pada uang kertas Argentina.

Liputan6.com, Jakarta Salah seorang senator Argentina, Norma Durango, mengusulkan kepada pemerintah agar wajah Diego Maradona dijadikan gambar pada uang kertas di negaranya. Selain untuk mengenang legenda sepak bola dunia itu, langkah ini menurut Durango bakal berpengaruh terhadap perekonomian Argentina.  

Usulan ini disampaikan Durango kepada Kongres pada Senin (7/12/2020) waktu setempat. Seperti dilansir dari AS, dalam pemaparannya, Durango mengusulkan gambar Maradona pada pecahan uang kertas 1000 peso yang bila dikonversi ke mata uang Indonesia bernilai sekitar Rp294 ribu. 

"Idenya bukan hanya ingin mengenalkan idola paling penting di negara kami, tapi saya juga memikirkan dampak ekonominya," kata Durango. "Kami rasa, ketika turis datang ke sini, mereka pasti ingin membawa pulang Maradona bersama mereka," beber Durango menambahkan.

Ada dua gambar yang diusulkan Durango. Pertama adalah foto wajah Maradona. Sedangkan satu sisi lainnya diusulkan untuk dihiasi oleh salah satu gol ikonik yang pernah diciptakan Maradona.  Saat ini uang kertas pecahan 1000 peso masih dihiasi gambar burung nasional Argentina, Rufous hornero. 

Maradona meninggal dunia pada Rabu 25/11/2020 akibat serangan jantung. Pemain yang juga menjadi 'dewa' bagi warga Napoli, Italia, tersebut menghembuskan napas terakhir pada usia 60 tahun. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Legenda Argentina

Kepergian Diego Maradona telah meninggalkan duka yang mendalam bagi warga Argentina. Mantan pemain Napoli itu dianggap telah berjasa mengangkat nama Negeri Tango di dunia internasional leawat keberhasilan memenangkan Piala Dunia Meksiko 1986. Momen yang belum terulang hingga kini. 

Pada turnamen itu, Maradona mengukir dua gol yang sangat fenomenal saat bertemu Inggris di babak perempat final. Gol pertama dikenal sebagai Gol 'Tangan Tuhan' setelah Maradona menjebol gawang Inggris yang dikawal Peter Shilton menggunakan tangannya. Sedangkan gol lainnya lahir dari aksi individu Maradona melewati setengah pemain Inggris yang dianggap jadi gol terbaik sepanjang masa. 

 

3 dari 3 halaman

Picu Kontroversi

Belum diketahui momen mana yang akan dipilih untuk menghiasi uang kertas Argentina nantinya. Namun sebagian masyarakat marah bila Gol Tangan Tuhan yang dianggap sebagai bagian dari kecurangan diabadikan dalam dokumen resmi negara. Menurut Durango, keputusan akan dibuat oleh anggota parlemen setelah menerima proposal yang diajukannya pada awal tahun depan.

"Idenya, mengenalkan Maradona dari sisi baik maupun buruknya yang mana telah membawa Argentina terkenal di dunia. Saya pikir proposal ini mendapat respons baik meski ada yang tidak setuju."

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.