Sukses

Alami Komplikasi, Marc Marquez Dilarang Tinggalkan Rumah Sakit

Repsol Honda mengumumkan kondisi terbaru Marc Marquez yang baru saja menjalani operasi ketiga.

Liputan6.com, Madrid - Marc Marquez terus mendapat masalah dalam usaha memulihkan cedera humerus yang dideritanya. Juara dunia MotoGP enam kali itu mengalami infeksi usai menjalani operasi sehingga harus menetap di rumah sakit.

"Operasi berjalan lancar. Namun, ada peradangan di tulang yang retak. Marquez harus menjalani perawatan antibiotik dalam beberapa pekan ke depan," tulis keterangan Repsol Honda.

Marquez naik meja bedah untuk ketiga kali pada 3 Desember. Pembalap asal Spanyol itu harus kembali menjalani proses medis karena cedera yang diderita pada seri pembuka musim 2020 di Jerez, 19 Juli lalu, tidak pulih maksimal.

Sosok berusia 27 tahun itu pertama kali menjalani operasi pada 21 Juli. Namun, pelat yang ditanam terkena tekanan besar karena dia naik motor beberapa hari berselang.

Dokter kemudian mengganti pelat pada operasi kedua, 3 Agustus. Setelahnya Marquez berharap dapat mengaspal di akhir musim.

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanda Tanya Besar

Namun kondisi Marquez tidak kunjung maksimal. Situasi ini meyakinkannya menjalani operasi ketiga. Di sini dokter tidak hanya mengganti pelat tapi juga mencangkok tulang.

Pertanyaan yang kini muncul adalah apakah Marquez bakal siap menjalani musim 2021. Akan ada tes pramusim di Malaysia dan Qatar mulai pertengahan Februari. Kompetisi kemudian dimulai sebulan kemudian.

3 dari 4 halaman

Durasi Pemulihan

Repsol Honda tidak menyebut durasi pemulihan. Namun, motorsport.com memperkirakan Marquez setidaknya perlu waktu setengah tahun agar benar-benar fit.

4 dari 4 halaman

Gelar Lepas

Cedera tersebut menghambat ambisi Marquez mempertahankan gelar MotoGP atau kelima secara beruntun. Dia harus merelakan takhta ke kompatriot Joan Mir yang membela Suzuki Ecstar.

Tanpa Marquez, Honda juga urung merebut gelar pabrikan dan tim terbaik pada 2020. Kehormatan jadi milik Ducati dan Suzuki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.