Operasi 8 Jam, Berapa Durasi Pemulihan Marc Marquez sebelum Ikut MotoGP 2021?

Oleh Harley Ikhsan pada 05 Des 2020, 16:16 WIB
Diperbarui 06 Des 2020, 17:55 WIB
Marc Marquez
Perbesar
Marc Marquez naik operasi untuk kali ketiga akibat cedera humerus yang dideritanya pada seri pembuka MotoGP 2020. (STR / AFP)

Liputan6.com, Madrid - Perjuangan Marc Marquez merebut kembali gelar juara dunia MotoGP 2020 bertambah berat. Pasalnya, pembalap asal Spanyol itu kembali naik meja bedah dan diperkirakan membutuhkan waktu enam bulan rehabilitasi.

Marquez melakoni operasi ketiga, Kamis (3/12/2020), untuk memulihkan patah humerus yang dideritanya pada seri pembuka musim 2020.

Dalam keterangannya, Honda menyebut prosedur itu memakan waktu selama delapan jam. Dokter mengambil tulang dari pinggul Marquez, karena mengandung sel darah merah tinggi, dan mencangkokkan ke area humerus di lengan kanannya. Selain itu, pelat baru juga dimasukkan.

"Marquez menjalani operasi ketiga di Hospital Ruber Internacional, Madrid, karena lambatnya proses pemulihan dari tindakan sebelumnya," tulis keterangan Repsol Honda.

Waktu Sempit

Marc Marquez
Perbesar
Marc Marquez cedera usai seri pembuka MotoGP 2020. (Twitter)

Pabrikan asal Jepang tersebut tidak menyebut durasi pemulihan. Namun, motorsport.com memperkirakan Marquez setidaknya perlu waktu setengah tahun agar benar-benar fit.

Jika demikian, juara dunia MotoGP enam kali tersebut bakal melewatkan awal musim baru. Pengujian untuk kompetisi 2021 sudah dimulai pada Februari dengan seri pertama berlangsung sebulan kemudian.

Petaka di Awal Musim

Marc Marquez
Perbesar
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, setelah menjalani tes medis di Sirkuit Jerez, Kamis (23/7/2020). (AFP/STR)

Marquez menderita retak humerus usai terjatuh pada seri pembuka di Jerez. Langsung operasi, dia mencoba tampil pada balapan di tempat sama sepekan berselang. Pada akhirnya Marquez memutuskan mundur karena merasa tidak maksimal saat menjajal sesi latihan bebas pertama.

Cedera Marquez kemudian bertambah parah karena membuka jendela di kediamannya. Dia akhirnya menjalani operasi kedua pada Agustus. Setelah itu Marquez fokus pemulihan.

Sempat dikabarkan bakal siap di beberapa seri terakhir, Marquez akhirnya menahan diri dan melewatkan seluruh musim 2020.

 

Gelar Direbut Mir

Mustahil Dikejar Rival, Joan Mir Kunci Gelar Juara Dunia MotoGP 2020
Perbesar
Pembalap Suzuki Esctar, Joan Mir, melakukan selebrasi usai balapan MotoGP Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020). Meski finis ketujuh, Joan Mir berhasil mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020. (AP/Alberto Saiz)

Gangguan tersebut menghambat ambisi Marquez mempertahankan gelar MotoGP atau kelima secara beruntun. Dia harus merelakan takhta ke kompatriot Joan Mir yang membela Suzuki Ecstar.

Tanpa Marquez, Honda juga urung merebut gelar pabrikan dan tim terbaik pada 2020. Kehormatan jadi milik Ducati dan Suzuki.

Saksikan Video Marc Marquez Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓