Sukses

Disindir Bukan Pemain Kelas Dunia, Gelandang MU Ini Lebih Cocok Main di Klub Lain

Sebelum gabung MU, Van de Beek menjadi incaran klub-klub besar Eropa setelah tampil brilian di Liga Champions musim 2018/19.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United atau MU merekrut Donny van de Beek dari Ajax Amsterdam pada bursa transfer musim panas ini. Manajemen Setan Merah -julukan MU- mengontrak Van de Beek dengan durasi lima tahun.

Sebelum gabung MU, Van de Beek menjadi incaran klub-klub besar Eropa setelah tampil brilian di Liga Champions musim 2018/19. Ia turut membawa Ajax hingga semifinal sebelum akhirnya dikalahkan Tottenham Hotspur.

Bersama klub barunya di Liga Inggris, Van de Beek yang mengenakan nomor punggung 34 ini, tampil cukup baik. Namun, gelandang ini bukanlah pemain kelas dunia dan akan lebih cocok untuk Everton.

Penilaian itu disampaikan mantan pemain internasional Belanda René van der Gijp. Dia mempertanyakan apakah penandatanganan United musim panas itu sebaik yang dia berikan.

Van de Beek tiba di Old Trafford dengan kesepakatan 35.1 juta pounds. Awalnya, dia akan segera membangun dirinya di lini tengah MU, tetapi itu tidak terjadi. Dia hanya memainkan peran kecil sejauh ini.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Pemain Kunci

Misalnya, dia baru memulai satu dari sembilan pertandingan Liga Inggris bersama MU sejauh ini, meskipun dia menjadi pemain reguler di Liga Champions.

Ini telah menyebabkan banyak kekhawatiran di Belanda. Beberapa pihak di negara asalnya percaya dengan kualitasnya harusnya Van de Beek menjadi pemain kunci di bawah Ole Gunnar Solskjaer.

3 dari 6 halaman

Bukan Pemain Kelas Dunia

Namun, itu bukan pendapat yang dibagikan oleh Van de Gijp, yang mempertanyakan gagasan itu ketika membandingkan Van de Beek dengan rekan setimnya di Manchester United, Bruno Fernandes.

"Van de Beek bukanlah pemain kelas dunia, lebih Everton," katanya kepada SBS 6.

4 dari 6 halaman

Kemampuan Cetak Gol

“Dia (Fernandes) memiliki kemampuan mencetak gol, kedalaman dan dia bisa memberikan bola yang Anda katakan 'Saya tidak pernah melihat mereka datang'.

“Dan Van de Beek selalu memberikan bola yang menurut saya 'Saya juga melihatnya' jadi ada sedikit kejutan di dalamnya.

“Pertanyaannya adalah: apakah menurut Anda masih banyak fleksibilitas di Van de Beek? Apakah menurut Anda dia akan menjadi lebih baik dari tahun yang sangat bagus di Liga Champions yang dia miliki? "

5 dari 6 halaman

Tak Terbendung

Van de Beek sendiri dilaporkan semakin menikmati peran barunya sebagai gelandang bertahan di MU. Dia main sebagai gelandang bertahan bersama Fred pada formasi 4-2-3-1 yang dipakai MU.

Meski main di posisi ini, keinginan Van de Beek untuk menyerang tak terbendung.

6 dari 6 halaman

Pemain Pengganti

Selama ini, Van de Beek kerap dijadikan pemain pengganti untuk Bruno Fernandes. Namun gelandang asal Belanda itu justru girang dengan posisi barunya yang juga dimainkannya saat masih di Ajax.

"Ini sangat bagus. Di beberapa pertandingan MU, saya main sebagai nomor 10, terkadang pelatih membutuhkan saya untuk posisi kontrol bola, itu tak masalah buat saya. Terkadang saya main di posisi itu di Ajax," ujarnya seperti dikutip Manchestereveningnews.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.
    Manchester United, Didirikan pada tahun 1878 lebih dahulu dikenal dengan nama Newton Heath Lancashire and Yorkshire Railway Football Club.

    man utd

  • Donny van de Beek adalah pemain sepak bola Profesional asal Belanda yang saat ini dipinjamkan ke Everton dari Manchester United
    Donny van de Beek adalah pemain sepak bola Profesional asal Belanda yang saat ini dipinjamkan ke Everton dari Manchester United

    Donny van de Beek

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Van de Beek

  • Berita Bola