Sukses

Lewis Hamilton Covid-19, Mercedes Pilih George Russell Jadi Pengganti di GP Sakhir

George Russell gantikan Lewis Hamilton pada balapan F1 di GP Sakhir.

Liputan6.com, Sakhir - Mercedes menunjuk George Russell sebagai pengganti Lewis Hamilton untuk balapan Formula 1 GP Sakhir, akhir pekan ini. Mereka meminjam Russell dari Williams.

Hamilton dipastikan absen pada balapan F1 di Bahrain International Circuit karena terjangkit Covid-19.

Nanti Russell bakal berdampingan dengan Valtteri Bottas. Sementara Williams mempercayakan kursi yang ditinggalkan Russell kepada pembalap cadangan Jack Aitken.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih untuk setiap orang di Williams yang memberi saya kesempatan membalap bersama Mercedes akhir pekan ini," kata Russell di media sosial Williams.

Russell bertekad memanfaatkan momen agar kemampuannya sebagai pembalap semakin berkembang. "Dengan begitu saya bisa kembali ke Williams lebih kuat lagi dan bertarung mendorong tim ini ke papan tengah."

Bukan hanya GP Sakhir, Russell juga punya opsi membela Mercedes pada seri pamungkas di Uni Emirat Arab jika Hamilton belum pulih Covid-19.

Saksikan Video F1 Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pembalap Menjanjikan

Russell memiliki sejumlah pengalaman bersama Mercedes. Dia sudah menjalani enam hari tes bersama tim sejak 2017, teranyar pada pengujung musim tahun lalu di Abu Dhabi.

Sosok berusia 22 tahun tersebut menjalani debut di F1 tahun lalu bersama Williams. Kinerjanya yang mengesankan dengan mobil yang kurang kompetitif membuatnya dicap sebagai calon bintang. Meski begitu, Russell belum pernah mencetak poin musim ini, meski sempat finis posisi 11 (sekali) dan 12 (dua kali).

 

3 dari 3 halaman

Kontrak Panjang

Mercedes menyadari potensi Russell dan pernah mempertimbangkan memberinya kursi. Namun, Williams enggan melepas sang pembalap yang memiliki kontrak berdurasi tiga tahun.

"Semoga dia menggunakan kesempatan fantastis ini. George masih menjadi pembalap Williams dan kami menantikan dia kembali dengan segar dari pengalaman ini dan mendoakan kesuksesannya di balapan nanti," kata Plt Kepala Williams Simon Roberts.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.