Lewis Hamilton Positif COVID-19, Siapa Penggantinya di Formula 1 Shakir?

Oleh Marco Tampubolon pada 01 Des 2020, 16:45 WIB
Diperbarui 02 Des 2020, 10:30 WIB
Selebrasi Lewis Hamilton saat Juara Dunia F1 2020
Perbesar
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton dari Inggris berselebrasi setelah memenangkan Grand Prix Formula Satu Turki di arena pacuan kuda Istanbul Park di Istanbul, Minggu (15/11/2020). (Tolga Bozoglu/Pool via AP)

Liputan6.com, Jakarta Tim Mercedes belum menentukan siapa pengganti Lewis Hamilton pada Grand Prix Formula 1 Sakhir, Bahrain, Minggu (6/12/2020). Juara dunia asal Inggris itu absen akibat terjangkit virus Corona COVID-19.

Lewis Hamilton dinyatakan positif menderita COVID-19 sehari setelah menjuarai GP Bahrain, Minggu lalu. Menurut keterangan tim Mercedes, sebelum dinyatakan mengidap COVID-19,

Lewis Hamilton sebenarnya sudah menjalani tiga kali tes dan hasilnya negatif. Hanya saja, pada Senin pagi, Hamilton merasakan gejala ringan. Di saat yang bersamaan, Hamilton juga diberitahu bahwa salah satu kontak terakhirnya sebelum ke Bahrain ternyata positif terjangkit COVID-19.

Tes lanjutan kemudian dilakukan dan hasilnya, Hamilton juga tertular virus yang sama.

Tim Mercedes sudah mengkonfirmasi hal ini. Begitu juga dengan induk olahraga balap mobil dunia FIA. Hamilton yang tengah menjalani isolasi mandiri di Bahrain dipastikan absen pada F1 seri berikutnya.

"Pada waktunya kami akan mengumumkan pembalap yang akan menggantikannya," bunyi pesan tim Mercedes dilansir dari Mirror.co.uk.

2 dari 5 halaman

Juara Dunia

Selebrasi Lewis Hamilton saat Juara Dunia F1 2020
Perbesar
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton berpose dengan piala saat merayakan kemenangan Grand Prix Formula Satu Turki di arena pacuan kuda Istanbul Park di Istanbul, Minggu (15/11/2020). (Ozan Kose/Pool via AP)

Hasil balapan yang akan berlangsung di Outer Loop of the Bahrain International Circuit sebenarnya tidak berpengaruh lagi pada pencapaian Hamilton musim ini. Pembalap asal Inggris itu sudah memastikan keluar sebagai juara dunia meski seluruh balapan Formula 1 musim ini belum tuntas.

Saat ini, Hamilton yang sudah 7 kali keluar sebagai juara dunia F1 masih memimpin klasemen dengan koleksi 307 poin. Sementara urutan kedua ditempati rekan setimnya Valtteri Bottas dengan 197 poin.

 

3 dari 5 halaman

Calon Pengganti Hamilton

Stoffel Vandoorne, KFC Indonesia
Perbesar
Kentucky Fried Chicken (KFC) Indonesia resmi memberi dukungan kepada pebalap Formula 1 tim McLaren, Stoffel Vandoorn, Senin (26/2/2018). (Twitter/Stoffel Vandoorne)

Sementara itu, mantan pembalap McLaren, Stoffel Vandoorne berpeluang jadi pengganti Hamilton pada seri Sakhir. Mercedes juga punya pilihan lain, yakni George Russell. Pembalap Inggris itu memasuki tahun kedua bersama William, tapi dia juga masih bagian dari program pembalap muda Mercedes. 

 

4 dari 5 halaman

Absen Pertama Sejak 2007

Ketidakhadiran di seri Sakhir membuat Hamilton harus melupakan tekadnya untuk mengulangi rekor 13 kemenangan semusim pada tahun ini. Ini juga menjadi seri pertama yang dilewatkan Hamilton sejak dia menjalani debut pada balapan jet darat F1 di Australia musim 2007 lalu. 

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by