Sukses

Bersinar di Liga Champions : Oscar Mingueza, Memukau Lewat 'Perjudian' Barcelona

Oscar Mingueza tidak menyia-nyiakan kesempatan memperkuat tim utama Barcelona di ajang Liga Champions.

Liputan6.com, Jakarta Perjudian berani dilakukan pelatih Barcelona, Ronald Koeman saat membawa pasukannya ke markas Dynamo Kiev pada matchday keempat Liga Champions 2020, dini hari tadi. Namun bagi Oscar Mingueza langkah ini justru menjadi pintu gerbang menuju skuat utama tim berjuluk Blaugrana itu. 

Mingueza merupakan penghuni skuat Barcelona B. Bek berusia 21 tahun tersebut bergabung dengan tim pelapis Blaugrana sejak 1 Juli 2018 dan menempati posisi sebagai pemain bertahan. Tempat idealnya adalah bek tengah, tapi Mingueza masih bisa bermain sebagai bek kiri ataupun bek kanan. 

Mingueza berasal dari Spanyol. Pemilik nama lengkap Óscar Mingueza García ini lahir di Santa Perpetua de Moguda, 13 Mei 1999. Mingueza telah melalui seluruh tingkatan kelompok umur tim Blaugrana. Sepanjang kariernya, Mingueza juga pernah memperkuat timnas Spanyol di bawah usia 19 tahun.  

Dengan pengalaman ini, tetap saja bukan perkara mudah bagi Mingueza menembus tim utama Barcelona. Namun saat kesempatan itu datang, Oscar Mingueza tidak mau menyia-nyiakannya. Apalagi momen pertama yang harus dilaluinya adalah pertandingan sekaliber Liga Champions. 

"Saya pikir dia bisa tampil reguler," ujar Koeman memuji penampilan Mingueza saat Barcelona bertandang ke markas Dynamo Kiev pada matchday keempat Liga Champions 2020, dini hari tadi. 

"Dia menunjukkan itu hari ini," kata pelatih asal Belanda itu menambahkan. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Clean Sheet

Kesempatan memperkuat tim utama Barcelona menghampiri Mingueza di tengah perjudian Koeman saat timnya bertandang ke Venue NSK Olimpijs'kyj, Kiev, Rabu dini hari WIB (25/11/2020).

Dalam duel ini, Koeman mengalami krisis bek tengah setelah cedera yang menimpa Gerard Pique. Sementara dua bek tengah lainnya, yakni Samuel Umititi dan Ronald Araujo juga bernasib sama. 

Koeman sebenarnya masih punya Clement Lenglet. Namun Koeman ternyata lebih mempercayakan posisi tersebut kepada Mingueza. Perjudian juga dilakukan Koeman di posisi lain dengan meninggalkan Lionel Messi dan Frankie De Jong serta membangku cadangkan penyerang senior, Antoine Griezmann.  

Mingueza menjawab tantangan ini dengan sempurna dengan bermain disiplin sepanjang pertandingan. Debutnya ditandai dengan clean sheet di mana Barcelona akhirnya menang 4-0 atas tuan rumah. Hasil ini juga sekaligus memastikan langkah Barcelona menuju babak 16 besar Liga Champions 2020.   

 

3 dari 4 halaman

Kerja Keras

Koeman ternyata bukan tanpa alasan memberi kesempatan bagi Mingueza untuk tampil bersama tim utama. Sebaliknya, pelatih asal Belanda itu sudah memantau kemampuannya beberapa bulan ini.

"Dia sudah berlatih bersama kami selama 5 atau enam bulan dan dia membuat penampilan yang memukau. Dia menjalankan tugasnya dan menunjukkan dia dapat bersaing di posisi itu," bebernya. 

"Namun dia harus bekerja keras," sambung Koeman. 

Saat ini, terlalu dini untuk menebak masa depan Mingueza. Namun bukan mustahil, matchday keempat Liga Champions musim ini menjadi pintu gerbang menuju tim utama Barcelona.   

4 dari 4 halaman

Biodata

Nama: Óscar Mingueza García

Lahir: Santa Perpetua de Moguda Spain, 13 Mei 1999

Usia: 21

Tinggi: 1,84 m

Negara: Spanyol

Posisi: Bek Tengah

Kekuatan Kaki: Kanan

Agen: TACTIC GRUP - OROBITG

Klub: FC Barcelona B

Karier Timnas: Spanyol U-19

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.