Sukses

Legenda Sepak Bola Ricky Yacobi Tutup Usia, Ketum PSSI Sampaikan Duka Cita

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan duka cita dan bela sungkawa atas meninggalnya Ricky Yacobi

Liputan6.com, Jakarta Legenda sepak bola Indonesia. Ricky Yacobi, meninggal dunia, Sabtu pagi (21/11/2020). Ricky dilaporkan meninggal akibat serangan jantung.

Pemain yang dikenal sebagai salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Indonesia itu, tutup usia di Rumah Sakit Mintoharjo, Jakarta. Ricky Yacobi dilarikan ke rumah sakit karena mengalami serangan jantung saat bermain sepak bola pada ajang Trofeo Medan Selection di Lapangan A, Senayan, Jakarta.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, menyampaikan duka cita dan bela sungkawa. "Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. PSSI ikut berduka cita atas berpulangnya legenda timnas Indonesia, Ricky Yacobi," kata Mochamad Iriawan, seperti dikutip dari situs resmi federasi.

"Semoga amal ibadah almarhum selama hidup diterima dan mendapatkan tempat terbaik disisi Allah SWT. Dan keluarga yang ditinggalkan senantiasa diberi kesabaran dan keikhlasan. Amin,"

"PSSI dan Indonesia merasa kehilangan salah satu putra terbaik yang pernah dimiliki oleh bangsa kita dalam hal sepak bola," tambah Iriawan.

Ricky Yacobi merupakan penyerang top timnas Indonesia pada periode pertengahan 1980-an hingga awal 1990-an. Ia menunjukkan kehebatannya saat bermain di Asian Games 1986. Ia menjadi pemain penting yang meloloskan Indonesia hingga ke babak semi final.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapten Timnas Indonesia

Usai dari Asian Games 1986, Ricky dipercaya menjadi kapten timnas Indonesia. Ia juga mengantara timnas Indonesia meraih emas SEA Games 1987.

Ricky Yacobi juga pernah membela klub Matsushita Jepang pada 1988. Selain itu, juga pernah bermain di klub PSMS Medan, Arseto Solo, BPD Jateng, dan PSIS Semarang.

Ricky aktif bermain sepak bola pada pertengahan 1980-an hingga awal 1990-an. Berposisi sebagai striker, Ricky Yacobi pernah membela Arseto Solo, PSMS Medan hingga klub Jepang Matsushita FC.

3 dari 3 halaman

Trofeo Medan Selection

Ricky diketahui tengah bermain bola sebelum ambruk karena serangan jantung. Kesaksian pun dituturkan Vennard Hutabarat, rekan satu tim Ricky saat pertandingan berlangsung.

Menurut Vennard, Ricky bersama dirinya ikut serta di tim Ribak Sude dalam turnamen Trofeo Medan Selection di lapangan A, Senayan Jakarta. Pertandingan dimulai sekitar pukul 8.30 WIB.

"Main 15 menit setelah bang Ricky Yacobi bikin gol terus pelukan sama saya. Terus dia kayak terduduk sujud. Orang pikir dia mau selebrasi cetak gol," kata Vennard yang juga mantan pemain timnas futsal Indonesia kepada Liputan6.com lewat sambungan telpon.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.