PSSI Nyatakan 6 Klub Penuhi Standar AFC, Salah Satunya Persib

Oleh Liputan6.com pada 20 Nov 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 20 Nov 2020, 18:00 WIB
PSSI logo
Perbesar
PSSI logo (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - PSSI baru saja mengumumkan hasil AFC Club Licensing Cycle 2020. Ada enam klub Liga 1 yang dinyatakan profesional sesuai standar Konfederasi Sepak Bola Asia itu.

Keenam klub itu adalah Persib Bandung, Arema FC, Bali United, Persipura Jayapura, Borneo FC dan Bhayangkara FC. Keputusan itu dikeluarkan PSSI melalui rapat Club Licensing Comitte yang digelar di Hotel Harris FX, Jakarta, Kamis kemain.

Keenam tim tersebut dinyatakan profesional karena telah memenuhi lima kriteria penilaian. Mulai dari fasilitas, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, legal, hingga finansial.

Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi berharap ke depan semakin banyak klub Liga 1 yang memenuhi standar AFC. Sehingga, sepak bola Indonesia bisa berbicara banyak di kancah internasional khususnya Asia.

“Kami berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia,” ujarnya seperti dilansir situs PSSI.

2 dari 4 halaman

Syarat Tampil di Turnamen Asia

Antisipasi Corona, Laga AFC Cup di Stadion Madya GBK Digelar Tanpa Penonton
Perbesar
Suasana Stadion Madya Gelora Bung Karno saat laga kualifikasi Grup H Piala AFC 2020 antara PSM Makassar melawan Kaya FC-Iloilo, Jakarta, Selasa (10/3/2020). Pertandingan dilaksanakan tanpa dihadiri penonton sebagai antisipasi penyebaran virus Corona COVID 19. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

AFC Club Licensing Cycle sendiri merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Dengan begitu, lisensi ini menjadi syarat wajib bagi klub sepak bola yang ingin tampil di kompetisi resmi AFC, seperti Piala AFC dan Liga Champions Asia.

3 dari 4 halaman

Lisensi Nasional

Rapat Club Licensing Comitte, PSSI
Perbesar
Sesi foto bersama antara anggota Club Licensing Comitte pasca menetapkan enam klub Liga 1 telah memenuhi standar Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). (Dok. PSSI)

Untuk mengembangkan persepakbolaan Indonesia, PSSI siap membuat lisensi nasional untuk mendorong klub-klub supaya lebih profesional. Nantinya PSSI akan membuat ‘National Club Licensing’ sebagai tahap awal sebelum mendapat lisensi tingkat AFC.

“PSSI ke depan bakal menyiapkan National Club Licensing sebagi tahap awal. Kami akan terapkan lisensi tersebut di Liga 1 dan Liga 2,” pungkasnya.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓