Sukses

PSSI Nyatakan 6 Klub Penuhi Standar AFC, Salah Satunya Persib

PSSI telah menetapkan enam klub Liga 1 yang memiliki standar profesional sesuai ketentuan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC)

Liputan6.com, Jakarta - PSSI baru saja mengumumkan hasil AFC Club Licensing Cycle 2020. Ada enam klub Liga 1 yang dinyatakan profesional sesuai standar Konfederasi Sepak Bola Asia itu.

Keenam klub itu adalah Persib Bandung, Arema FC, Bali United, Persipura Jayapura, Borneo FC dan Bhayangkara FC. Keputusan itu dikeluarkan PSSI melalui rapat Club Licensing Comitte yang digelar di Hotel Harris FX, Jakarta, Kamis kemain.

Keenam tim tersebut dinyatakan profesional karena telah memenuhi lima kriteria penilaian. Mulai dari fasilitas, infrastruktur, sumber daya manusia dan administrasi, legal, hingga finansial.

Plt Sekretaris Jenderal PSSI, Yunus Nusi berharap ke depan semakin banyak klub Liga 1 yang memenuhi standar AFC. Sehingga, sepak bola Indonesia bisa berbicara banyak di kancah internasional khususnya Asia.

“Kami berharap semakin banyak klub profesional di Tanah Air yang membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia sudah berada dalam track menuju industri sepak bola. Karena semakin banyak klub profesional di Indonesia, semakin maju dan jaya sepakbola Indonesia,” ujarnya seperti dilansir situs PSSI.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Syarat Tampil di Turnamen Asia

AFC Club Licensing Cycle sendiri merupakan suatu proses standarisasi dan verifikasi kualitas manajemen klub sepak bola profesional yang diperkenalkan oleh AFC untuk mendukung perkembangan sepak bola.

Dengan begitu, lisensi ini menjadi syarat wajib bagi klub sepak bola yang ingin tampil di kompetisi resmi AFC, seperti Piala AFC dan Liga Champions Asia.

3 dari 3 halaman

Lisensi Nasional

Untuk mengembangkan persepakbolaan Indonesia, PSSI siap membuat lisensi nasional untuk mendorong klub-klub supaya lebih profesional. Nantinya PSSI akan membuat ‘National Club Licensing’ sebagai tahap awal sebelum mendapat lisensi tingkat AFC.

“PSSI ke depan bakal menyiapkan National Club Licensing sebagi tahap awal. Kami akan terapkan lisensi tersebut di Liga 1 dan Liga 2,” pungkasnya.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.