Sukses

Suzuki GSX-RR, Kuda Pacu yang Antar Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020

Kekuatan kuda pacu Joan Mir di arena MotoGP 2020 yang akhirnya berbuah gelar juara dunia.

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, dipastikan menjuarai MotoGP 2020. Finis di urutan ketujuh pada seri Valencia yang berlangsung di sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020), Joan Mir berhasil mengunci puncak klasemen MotoGP dengan 171 poin, unggul 29 poin dari Franco Morbidelli (Petronas Yamaha).

Meski masih menyisakan satu seri lagi di Portugal, pada 22 November 2020, Joan Mir sudah tidak terkejar lagi. Para pembalap di belakang Mir kini hanya bertarung memperebutkan posisi kedua di mana Alex Rins dari Suzuki Ecstar masih berpeluang menggusur Morbidelli dari tempat kedua. 

Sepanjang 2020, Joan Mir belum sekalipun start dari posisi terdepan. Namun konsistensi pembalap asal Spanyol ini untuk naik podium membuatnya mampu mengguguli perolehan poin pembalap lain. Dalam 12 seri yang sudah dijalani, Mir mengoleksi 3 tempat ketiga, 3 tempat kedua, dan sekali juara. 

Di balik konsistensi, sepeda motor GSX-RR yang ditunggangi tentu jadi faktor penting bagi kesuksesan Mir. Seperti apa sepsifikasinya? Selengkapnya bisa Anda simak pada halaman selanjutnya.  

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dapur Pacu

Di atas kertas, Suzuki GSX-RR milik Joan Mir menggendong mesin berkapasitas 1.000cc empat silinder segaris, DOHC, empat tak, dan empat katup setiap silinder dengan sistem pendinginan radiator.

Jantung penggerak tersebut dikawinkan dengan transmisi enam percepatan seamless. Dengan spesifikasi ini, motor mampu menghasilkan daya hingga 250 Ps dengan kecepatan maksimum hingga 340 km/jam.

Tidak hanya mesin, Suzuki GSX-RR yang digunakan Joan Mir ini juga didukung sasis alumunium twin-spar, dengan suspensi upside-down milik Ohlins di bagian depan. Pada bagian buritan, suspensinya juga didukung oleh Ohlins.

 

3 dari 4 halaman

Livery Klasik

Motor ini memiliki dimensi panjang 2.096 mm, lebar 720mm dan tinggi 1.140mm. Wheelbase atau jarak sumbu rodanya mencapai 1.457mm, dengan bobot hanya 157 kg.

Bagian kaki-kaki, motor ini menggunakan ban Michelin 17 inci depan dan belakang. Sistem pengereman, menggunakan perangkat dari Brembo serta piringan karbon mauoun baja.

Selain itu, motor ini mengadopsi perangkay lunak Magneti Marelli. Suzuki GSX-RR Joan Mir mengadopsi livery klasik 1960-an dengan dominasi warna perak dan biru, yang terinspirasi dari motor balap Suzuki di ajang Isle of Man TT pertama pada 1960.

4 dari 4 halaman

Optimistis

Berbicara mengenai kekuatan sepeda motor di ajang MotoGP musim ini, Suzuki GSX-RR sebenarnya dianggap masih kalah cepat dari RC213V milik Repsol Honda. Tunggangan Marc Marquez itu dianggap sebagai sepeda motor terbaik, meski akhirnya tidak mampu berbicara banyak akibat Marquez absen.

Meski demikian, Joan Mir di awam musim 2020 tetap optimistis dengan performa tunggangannya. 

"Kami pikir, kami mungkin bisa bersaing empat, lima tahun atau bahkan lebih lama lagi, ketika sepeda motor sudah siap. Sekarang sepeda motor sepertinya sudah siap, pembalap juga, dan ini lebih cepat dari yang kami harapkan semula. Semua berjalan lancar," ujar Joan Mir.

Penulis: Arief Azhari (Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.