Sukses

MotoGP 2020: Ambisi Pol Espargaro sebelum Gabung Honda Musim Depan

Rider KTM Pol Espargaro berambisi menjadi nama ke-10 yang memenangkan balapan di MotoGP 2020.

Liputan6.com, Valencia - Rider KTM Pol Espargaro berambisi menjadi nama ke-10 yang memenangkan balapan di MotoGP 2020. Dia bisa melakukannya pada seri Valencia di Sirkuit Ricardo Tormo. 

Espargaro berusaha mewujudkan terget tersebut sebelum berganti seragam. Sosok asal Spanyol ini bakal memperkuat Repsol Honda mulai MotoGP musim depan. 

"Tentu saya menginginkan kemenangan, meski merasa kesempatan tidak sebesar di lokasi lain. Saya punya peluang emas di Republik Ceko dan Austria, tapi entah kenapa tidak mendapatkannya," kata Espargaro, dikutip Crash. 

Selain Espargaro, nama lain yang berpotensi meraih kemenangan adalah Jack Miller (Pramac Racing), Takaaki Nakagami (LCR Honda), Alex Marquez (Repsol Honda), Johann Zarco (Esponsorama Racing), Francesco Bagnaia (Pramac Racing), Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha), hingga Cal Crutchlow (LCR Honda).

Mereka ingin mengikuti jejak sembilan sosok lainnya yang sudah menduduki podium teratas pada MotoGP 2020. 

Saksikan Video MotoGP Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemenang 2020

Joan Mir dari Suzuki Ecstar menjadi pemenang kesembilan pada musim ini akhir pekan lalu. Mir mengikuti jejak Fabio Quartararo (Petronas Yamaha), Brad Binder (KTM), Andrea Dovizioso (Ducati), Miguel Oliveira (KTM Tech3), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha), Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), Danilo Petrucci (Ducati), dan Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Di antara mereka, hanya Quartararo dan Morbidelli yang memenangkan balapan lebih dari sekali pada MotoGP 2020.

3 dari 4 halaman

Samai 2016

Kemenangan Mir berarti 2020 menyamai rekor 2016 dalam jumlah pemenang balapan. Bedanya, sembilan pemenang empat tahun lalu muncul dalam kompetisi yang menampilkan 18 seri. Sedangkan MotoGP 2020 menghadirkan 14 balapan.

Pada 2016, pemenang balapan adalah Marc Marquez, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Andrea Iannone, Cal Crutchlow, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Jack Miller.

Pemenang kesembilan hadir pada seri ke-17 pada MotoGP 2016. Dovizioso keluar sebagai yang tercepat di Malaysia. Sementara ajang terakhir di Valencia dikuasai Lorenzo yang sebelumnya berjaya di Qatar, Prancis, dan Italia.

4 dari 4 halaman

11 Juara?

Dengan 2020 menyisakan dua seri, rekor baru pun berpotensi tercipta. Jangankan mencari pemenang ke-10, MotoGP musim ini bahkan berpotensi menghadirkan 11 juara balapan.

Skenario tersebut tetap terbuka melihat begitu terbukanya persaingan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.