Sukses

3 Misi Mandalika Racing Team Indonesia di MotoGP 2021

Mandalika Racing Team indonesia punya beberapa rencana jangka panjang selain ikut di MotoGP 2021.

Liputan6.com, Jakarta Mandalika Racing Team Indonesia (MRTI) resmi diluncurkan di Jakarta pada Senin (9/11/2020). Satu hari menjelang hari pahlawan ini, Indonesia resmi punya tim sendiri di MotoGP 2021 yang rencananya berlangsung 21 seri.

Mandalika Racing Team Indonesia sudah menetapkan dua pembalap untuk tampil di MotoGP 2021 di kelas Moto2. Satu pembalap berasal dari Indonesia yaitu Dimas Ekky Pratama, sedangkan satu lagi masih dirahasiakan.

Ketua MRTI, M Rapsel Ali mengatakan tim balap ini membuktikan kalau Indonesia ogah jadi penonton saja saat MotoGP Mandalika digelar pada 2021. MRTI akan tampil satu musim penuh di Moto2 2021.

"Tim ini bisa terwujud dengan dukungan dari beberapa pihak yang mempunya tekad dan keinginan yang sama," kata M Rapsel Ali kepada wartawan saat peluncuran Mandalika Racing Team Indonesia, Senin (9/11/2020).

Mandalika Racing Team Indonesia dibentuk bukan karena hanya ada MotoGP Indonesia. MRTI dibangun untuk target jangka panjang.

"Saya sangat berterimakasih dengan dukungan dari pak Jokowi," ujarnya.

 

Saksikan Video MotoGP di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiga Misi

Rapsel Ali juga mengatakan, ada beberapa misi yang bakal dijalankan MRTI dalam beberapa tahun ke depan. Setidaknya, dia menyebutkan ada tiga misi besar yang ingin dicapai MRTI.

"Mempersiapkan rider Indonesia secara berkesinambungan. Lalu MotoGP Mandalika juga untuk mendukung pariwisata dan produk andalan di Indonesia.Selain itu, kita siap mendidik engineer dan mekanik Indonesia sehingga akhirnya bisa mendunia," ujarnya.

Untuk memuluskan rencana itu, lima pengurus MRTI akan berangkat ke Barcelona. Mereka akan menemui Dorna untuk mengesahkan kerja sama dengan salah satu tim Moto2.

"Akhir November, kami berlima akan berangkat ke Barcelona untuk bertemu Dorna. Sekaligus ada peresmian tim secara resmi di sana," ujarnya.

 

3 dari 4 halaman

Misteri

Salah satu hal yang masih misteri yaitu tim mana yang akan diajak kolaborasi oleh Dorna. Tim ini belum bisa diungkap ke publik karena tim bersangkutan masih terikat sponsor hingga MotoGP Portugal yang berlangsung 21 November mendatang.

"Kami merekrut pembalap bagus agar menyenangkan sponsor juga. Bagaimanapun kalau pembalap masuk 10 besar pasti bakal mendatangkan sponsor, karena itu kami ikat kerjasama dengan mereka," ujar Direktur Mandalika Racing Team, Kemalsyah Nasution.

 

4 dari 4 halaman

Detail Kerja Sama

 

MRTI dengan "tim rahasia" akan menjalin kerja sama minimal tiga tahun. Untuk 2021, MRTI akan fokus ke Moto2.

Setelah itu, MRTI akan membentuk tim Moto3 yang kemungkinan baru dimulai pada 2022 mendatang. Pembibitan rider-rider handal sudah dibangun lewat Mandalika Racing Academy.

"Balapan itu tidak hanya soal datangkan pembalap, mekanik yang disewa juga harus berasal dari negara-negara yang jadi tempat balapan. Jadi ini jelas tidak mudah," ujar Kemal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.