Sukses

Hari Pahlawan 10 November 2020, 6 Tokoh Dapat Gelar Pahlawan Nasional

Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November dengan pemberian gelar Pahlawan Nasional. Tahun 2020, ada 6 tokoh yang akan menerimanya. Siapa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Hari Pahlawan diperingati setiap 10 November dengan pemberian gelar Pahlawan Nasional. Tahun 2020, ada 6 tokoh yang akan menerimanya. Siapa saja?

Presiden Jokowi akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada 6 tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Gelar ini diberikan bertepatan dengan Hari Pahlawan pada Selasa (10/11/2020).

Menteri Sosial Juliari Batubara pada Jumat 6 November 2020 lalu menyatakan, pemberian gelar pahlawan nasional akan disampaikan langsung oleh Jokowi di Istana Negara, Jakarta. Keenam tokoh berasal dari berbagai daerah.

Menariknya, ada tokoh dari Maluku Utara dan Papua Barat yang belum memiliki pahlawan nasional. "Jadi Provinsi Maluku Utara dan Papua Barat memang belum pernah memiliki pahlawan nasional," ucap Juliari.

"Apabila tidak ada perubahan, Insya Allah akan diberikan gelar pahlawan nasional pada tahun ini," lanjut dia. Juliari memastikan keenam tokoh sudah melalui proses yang telah ditetapkan. Baik dari Kementerian Sosial maupun Dewan Gelar.

Simak nama keenam tokoh penerima gelar Pahlawan Nasional di Hari Pahlawan 10 November 2020, dan dari daerah mana saja, di halaman selanjutnya.

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6 Tokoh

Berikut 6 tokoh calon penerima penganugerahan gelar Pahlawan Nasional tahun 2020:

1. Sultan Baabullah dari Provinsi Maluku Utara

2. Machmud Singgirei Rumagesan dari Provinsi Papua Barat

3. Jenderal Pol Purn Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo, merupakan Kapolri pertama, domisili di DKI Jakarta

4. Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara. Tokoh pergerakan dan pernah jadi Menteri Penerangan RI era Presiden Sukarno

5. Sutan Mohammad Amin Nasution dari Sumatera Utara

6. Raden Mattaher bin Pangeran Kusin Bin Adi dari Provinsi Jambi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.