Sukses

PSSI Gelar Seleksi Garuda Select di Tengah Pandemi Covid-19

PSSI menggelar seleksi Garuda Select di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor pada 27 Oktober sampai 4 November.

Liputan6.com, Jakarta - PSSI terus menjalankan program untuk mengembangkan sepak bola Indonesia. Federasi menggelar seleksi Garuda Select di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, 27 Oktober hingga 4 November 2020. 

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan Direktur Sepak bola Garuda Select Dennis Wise hadir langsung dalam proses ini.

Pemain yang mengikuti seleksi Garuda Select adalah remaja yang tampil di Kompetisi Piala Soeratin U-15 serta rekomendasi anggota Elite Pro Academy U-16. 

"Selain itu ada hasil pantauan (scouting) dari Dennis Wise dan tim pelatihnya,” kata Indra Sjafri di laman resmi PSSI. 

Indra Sjafri menjelaskan, proses seleksi ini menggunakan sistem gugur dengan mengurangi pemain per hari. Mereka yang terus bertahan sampai akhir nantinya masuk program.

“Proses seleksi, setiap hari ada pengurangan pemain. Pemain yang hari ini dinyatakan lulus seleksi, akan terus ikut program seleksi di hari berikutnya, sementara yang tidak lolos akan dipulangkan. Pada hari terakhir akan didapatkan para pemain yang memenuhi standar untuk melanjutkan program utama Garuda Select yang rencananya akan diberangkatkan ke Inggris,” kata Indra.

Saksikan Video Garuda Select Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bibit-Bibit Baru

Bima Sakti selaku pelatih Timnas Indonesia U-16 turut ikut unutk menyaksikan langsung seleksi Garuda Select. Dia mencari pemain yang bisa masuk skuatnya. 

“Saya melihat ada beberapa yang menarik, kemungkinan saja bisa saya panggil ke timnas U-16. Banyak potensi bagus di seleksi Garuda Select jilid ketiga ini. Setiap tahun saya lihat ada saja peningkatan serta bibit-bibit baru bermunculan dan saya berharap program ini terus berkelanjutan,” kata Bima Sakti.

3 dari 3 halaman

Kemampuan Tinggi

Dennis Wise mengatakan kalau dirinya menceri pemain dengan standar kemampuan yang tinggi. Dengan begitu perkembangan sepak bola Indonesia semakin maju dan dipenuhi bakat, serta semakin banyak pemain yang bisa berlatih serta bertanding di Eropa. 

“Kami mencari pemain-pemain dengan standar kemampuan tinggi seperti David Maulana, Brylian Aldama, Braif Fatari, dan alumni Garuda Select lainnya," kata Wise. 

"Semakin banyak pemain-pemain Indonesia yang bisa merasakan atmosfer berlatih dan bertanding di Eropa, tentu akan semakin baik. Kami berharap sepak bola di sini semakin meningkat dan tumbuh pemain-pemain muda berbakat untuk tim nasional Indonesia,” pungkas eks bintang Chelsea itu.

  

Penulis: Ray Kevin Agape

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.