Sukses

10 Fakta Menarik El Clasico Barcelona vs Real Madrid dari Dekade ke Dekade

Berikut fakta-fakta menarik El Clasico Barcelona vs Real Madrid dari dekade ke dekade yang wajib diketahui.

Liputan6.com, Barcelona- Duel El Clasico antara Barcelona melawan Real Madrid bakal terhampar akhir pekan ini. Tepatnya di Camp Nou, Sabtu (24/10/2020), Barcelona akan menjamu Real Madrid di sebuah duel yang selalu ditunggu-tunggu.

Perjalanan panjang El Clasico sudah tak perlu diragukan lagi. Sulit ada duel yang bisa menyaingi duel berkelas ini. Magisnya begitu terasa ke seluruh dunia.

Ini tak lain berkat bintang-bintang sepak bola dunia yang main di dua klub raksasa Spanyol ini. Sejak lama, hanya Barcelona dan Real Madrid yang selalu diburu pemain-pemain bintang.

Tak aneh kalau dua klub ini juga mendominasi gelar juara Liga Spanyol saat ini. Real Madrid masih unggul dengan 34 trofi, sedangkan Barcelona sudah mengoleksi 26 trofi La Liga.

Musim ini, Barcelona dan Real Madrid bakal dapatkan saingan ketat. Ada Villarreal, Real Sociedad, Atletico Madrid dan Sevilla yang mengincar mahkota juara. Namun siapa yang bakal jadi pemenang di laga El Clasico Barcelona vs Real Madrid nanti?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fakta Menarik

Pertarungan klasik El Clasico antara Barcelona melawan Real Madrid terbagi dalam 10 dekade. 10 dekade ini memiliki ciri khas dan memunculkan fenomena-fenomena baru yang mungkin belum diketahui, apa saja?

Berikut 10 fakta menarik El Clasico dari satu dekade ke dekade lainnya seperti rilis dari La Liga Indonesia:

1. 1920-an: El Clásico La Liga perdana yang pernah terjadi di Spanyol

2. 1930-an: Real Madrid meraih kemenangan terbesar dalam sejarah El Clásico LaLiga

3. 1940-an: Kelahiran El Clásico yang kita ketahui sekarang?

4. 1950-an: El Clásico menjadi pertandingan sepak bola Spanyol pertama yang ditayangkan di televisi

5. 1960-an: Di Stéfano terus menghantui Barcelona

 

3 dari 5 halaman

Fakta Menarik

6. 1970-an: Johan Cruyff membalikkan keperkasaan Barça

7. 1980-an: Generasi Quinta del Buitre Real Madrid juara lima kali berturut-turut

8. 1990-an: ‘Manitas’ serba bisa. Manita memiliki arti lima jari. Ini menandakan saat skor El Clasico berlangsung 5-0 untuk Barcelona atau sebaliknya.

9. 2000-an: Ronaldinho menaklukkan Bernabéu

10. 2010-an: Messi meninggalkan jejaknya di Bernabéu

 

4 dari 5 halaman

Talenta Muda

 

Selain fakta menarik dari dekade ke dekade, El Clasico kali ini juga menampilkan fenomena menarik. Duel El Clasico nanti akan menampilkan bintang-bintang muda yang siap menjadi bintang masa depan di sepak bola dunia.

Siapa yang bisa melupakan hattrick Lionel Messi saat berusia 19 tahun pada 2007 atau Vinícius Jr berhasil memecahkan rekor Messi sebagai pencetak gol El Clásico termuda pada awal tahun ini.

Kedua tim akan menampilkan beberapa bintang muda yang bahkan belum berusia 21 tahun, masa depan El Clásico sudah diamankan - dan siap beraksi.

Talenta Muda El Clasico

1.Ansu Fati

2.Sergino Dest

3.Trincao

4. Pedri

5. Martin Odegaard

6. Vinícius Jr

7. Rodrygo Goes

 

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini