Jadwal Shopee Liga 1 Belum Jelas, Persija Liburkan Pemain Guna Mengusir Kejenuhan

Oleh Herfianto pada 21 Okt 2020, 19:15 WIB
Diperbarui 27 Okt 2020, 08:52 WIB
Persija Jakarta
Perbesar
Pemain Persija Jakarta, Ryuji Utomo, berlari saat melakukan latihan di Lapangan NYTC, Sawangan, Depok, Selasa (21/1/2020). Warga antusias melihat punggawa Macan Kemayoran berlatih. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Persija Jakarta memutuskan untuk semantara waktu meliburkan pemainnya selama empat hari sejak Senin (19/10/20). Hal ini terkait jadwal Shopee Liga 1 yang masih belum jelas akan dilanjutkan kapan. 

Padahal, Persija Jakarta sudah melakukan latihan secara rutin sejak lanjutan liga diumumkan akan bergulir kembali pada awal Oktober Kemarin. Namun ternyata, kompetisi harus tertunda karena tidak mendapatkan izin dari Kepolisian.

Mohamad Prapanca selaku Presiden Persija Jakarta menuturkan, keputusan ini diambil berdasarkan koordinasi antara tim pelatih dengan seluruh pemain. Dengan begitu, diharapkan para pemain Macan Kemayoran bisa lebih fokus ketika kembali ke lapangan untuk berlatih.

Keputusan ini tentu dimanfaatkan oleh para pemain untuk berkumpul bersama keluarga dan beristirahat penuh, sembari menantikan kepastian kelanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2020.

2 dari 4 halaman

Demi Menjaga Mentalitas Pemain

Persija Jakarta, Evan Dimas
Perbesar
Pemain Persija Jakarta, Evan Dimas, saat latihan di Lapangan Sutasoma, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Gelandang Timnas Indonesia ini menjadi rekrutan baru Macan Kemayoran untuk mengarungi Liga 1 musim depan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Tidak hanya itu, libur latihan kali ini juga bertujuan untuk mencegah kejenuhan yang dialami para pemain karena menantikan kepastian kompetisi, di mana itu berpotensi mengakibatkan mentalitas pemain yang tidak terjaga saat berlatih.

"Seluruh pemain memperlihatkan kesungguhan mempersiapkan diri menyongsong lanjutan Liga 1 2020. Namun, karena perkembangan jadwal liga yang sampai saat ini belum ada titik terang, maka kami memberikan waktu beristirahat selama empat hari kepada seluruh tim," ujar pria yang dikenal sebagai pengusaha tersebut yang dilansir oleh Bola.com.

Mohamad Prapanca juga mengatakan, libur yang diberikan para pemain tidak akan mengganggu fokus terhadap tanggung jawabnya.

"Mereka bisa berkumpul bersama keluarga atau sekadar beristirahat di rumah. Libur empat hari dipastikan tidak mempengaruhi persiapan tim, karena setelah ini mereka akan kembali menjalani latihan dengan intensitas tinggi," lanjut Presiden Persija itu.

3 dari 4 halaman

Akan Ada 2 Pemain Persija Ikut Timnas U-16 Ke UEA

Latihan Timnas Indonesia U-16 jelang melawan UEA U-16.
Perbesar
Latihan Timnas Indonesia U-16 jelang melawan UEA U-16. (Dok: PSSI).

Sementara itu, Dua pemain muda Persija Jakarta, Raka Cahyana Rizky dan Resa Aditya, terpilih menjadi bagian Timnas Indonesia U-16 yang akan menjalani uji coba di Uni Emirat Arab (UEA). Pasukan Bima Sakti Tukiman itu bertolak ke UEA pada (19/10/20). Raka dan Resa dipanggil untuk bergabung dengan Timnas Indonesia U-16 sehari sebelum pemberangkatan.

“Benar rencananya saya dan Resa akan bergabung dengan tim di Cikarang pada Minggu besok. Senin akan berangkat ke UEA dan akan menjalani dua laga uji coba melawan UEA U-16," ujar Raka, dilansir dari laman klub, Sabtu (17/10/20).

"Ini TC kedua saya ke luar negeri setelah sebelumnya saya juga bersama Timnas Indonesia U-16 pernah ke Qatar,” ungkap laki-laki kelahiran 2004 ini.

Selama berada di UEA, Timnas Indonesia U-16 akan beruji coba dengan UEA U-16. Duel kedua negara bakal berlangsung dua kali yaitu pada 21 dan 24 Oktober. Timnas Indonesia U-16 akan pulang ke Tanah Air pada 25 Oktober. Setelah itu, mereka bakal kembali melanjutkan pemusatan latihan (TC).

TC Timnas Indonesia U-16 nanti akan digelar di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi. TC tersebut bakal berlangsung hingga 8 November. Laga uji coba dan TC ini digelar untuk persiapan menuju Piala AFC U-16 2020. Turnamen tersebut rencananya akan digelar pada tahun depan.

Saksikan streaming Persija hari ini di aplikasi Vidio. Segera download dan berlangganan Vidio premier sekarang juga untuk menikmati tayangan olahraga seru lainnya!

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓