Sukses

Kehadiran Rivan Nurmulki Bawa Berkah Tersendiri Buat Klub Liga Jepang

Pelatih Nagano Tridents menyebut Rivan Nurmulki adalah pemain yang tak hanya mengandalkan otot, tapi juga otak.

Liputan6.com, Jakarta Pemain bola voli Timnas Indonesia, Rivan Nurmulki, sudah resmi dikontrak Nagano Tridents untuk semusim kompetisi. Bersama tim barunya itu, Rivan akan bermain di V.League Division 1, kompetisi bola voli kasta tertinggi di Jepang.

Pelatih Nagano, Ahmad Masajedi, pernah menjelaskan alasan merekrut pemain kelahiran Bangko, Jambi, 16 Juli 1995 itu. Dia menyebut Rivan Nurmulki adalah pemain pintar.

"Rivan pemain yang tak hanya mengandalkan otot, tapi juga otak," tutur Ahmad.

Di sisi lain, ternyata kehadiran Rivan bukan hanya dibutuhkan tenaga dan keterampilannya, namun membawa berkah tersendiri. Klub Jepang tersebut, sekarang kebanjiran penggemar.

Ini terlihat dari jumlah followers di Instagram milik Nagano Tridents. Jumlah pengikutnya meningkat sejak pengumuman kedatangan Rivan Nurmulki ke Jepang.

Sebelumnya, sambutan hangat juga diberikan penggemar Nagano Tridents untuk Rivan Nurmulki. Mereka ternyata sangat berharap banyak pada Pemain berusia 25 tahun itu.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyesuaian

Rivan sendiri sudah mulai berlatih bersama rekan-rekannya di Nagano Tridents, Selasa (20/10/2020). Sebelumnya, andalan timnas voli Indonesia tersebut harus menjalani karantina selama dua pekan sesuai protokol kesehatan Covid-19 di Jepang.

Peraih dua gelar MVP Proliga itu mengaku tidak memiliki banyak kendala dalam menyesuaikan diri di Jepang. "Hanya masalah cuaca," kata Rivan saat live di Instagram pelatih Nagano Ahmad Masajedi tadi malam.

3 dari 5 halaman

Dikarantina

Begitu setibanya di Jepang, dua kali pemenang gelar Most Valuable Player alias pemain terbaik Proliga itu langsung dikarantina di sebuah rumah yang disediakan klubnya di Nagano.

"Ya, tang jelas pas karantina membosankan," kata Rivan Nurmulki kepada Liputan6.com via percakapan WhatsApp, Minggu (18/10/2020).

4 dari 5 halaman

Raih Gelar

Rivan dikontrak Nagano Tridents untuk satu musim kompetisi yang mulai berlangsung pertengahan Oktober hingga Maret 2021.

Sebelum di Jepang, Rivan Nurmulki pernah bermain untuk klub voli Thailand, Nakhon Ratchasima. Dia membawa klub tersebut meraih gejar juara Thai-Denmark Super League 2019.

5 dari 5 halaman

Karier

Rivan Nurmulki sudah empat kali memenangkan gelar juara Proliga bersama Surabaya Bhayangkara Samator. Dia meraihnya pada 2014, 2016, 2018, dan 2019.

Tidak hanya itu, pemain dengan tinggi 194 cm ini juga dianugerahi Most Valuable Player (MVP) alias pemain terbaik di Proliga 2016 dan 2018. Dia juga pernah dinobatkan sebagai spiker terbaik pada 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.