Sukses

Pelatih Timnas U-19 Puji Kinerja 2 Pemain Keturunan Jerman usai Cukur Hajduk Split

Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy Mahesa melakoni debut bersama timnas U-19 Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 mencukur Hajduk Split 4-0 pada laga uji coba di Stadion Sloga Mravince, Split, Selasa (20/10/2020). Bagas Kaffa ('19), Pratama Arhan ('48pen), Beckham Putra ('53pen), dan Jack Brown ('78) mencetak gol bagi Garuda Muda.

Selain itu, ada catatan lain dari penampilan timnas U-19 yakni debut Kelana Noah Mahesa dan Luah Fynn Jeremy Mahesa.

Pelatih Shin Tae-yong memuji kinerja keduanya. Dia menyebut mereka bermain bagus meski baru bergabung. "Saya rasa mereka bermain cukup baik terutama Kelana," kata Shin Tae-yong, dilansir situs resmi federasi.

Shin Tae-yong juga menyebut kerja keras pemain sepanjang laga dan pergerakan tanpa bola sebagai kunci kemenangan timnas U-19 pada pertandingan kali ini.

Timnas U-19 selanjutnya dijadwalkan melakoni uji coba pada Jumat (23/10/2020). Total Garuda Muda sudah menjalani sebelas uji coba di Kroasia.

Rinciannya adalah melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara (4-1, 0-0), dan Hajduk Split (4-0).

Saksikan Video Timnas U-19 Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Baru Bergabung Minggu

Kelana dan Luah tiba di Kroasia, Minggu (18/10/2020) malam. Mereka kemudian berlatih keesokannya.

"Saya mengundang dua pemain ini untuk datang ke Kroasia karena saya ingin melihat langsung kualitas mereka. Pertimbangan mendatangkan dua pemain ini ke Kroasia karena jarak dari negara mereka (Jerman) tidak terlalu jauh kesini," kata Shin Tae-yong.

"Ada sejumlah pemain keturunan yang saya ingin lihat langsung kemampuannya, namun baru dua pemain ini yang bisa ke Kroasia. Mungkin saja kami akan panggil saat pemusatan latihan (TC) selanjutnya sambil menunggu perkembangan," tambah pelatih asal Korea Selatan tersebut.

 

3 dari 4 halaman

Ingin Jadi Bagian Tim

Kelana Noah Mahesa (lahir 30 Januari 2001) dan Luah Fynn Jeremy Mahesa (30 Juli 2002) saat ini memperkuat klub Bonner SC, Jerman.

Pada Agustus 2019, mereka pernah mengikuti latihan bersama Persela Lamongan.

"Saya sangat senang mendapat undangan dari pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti latihan bersama timnas U-19 di TC Kroasia. Saya ingin menjadi bagian dari tim, itu tidak mudah tapi saya akan berjuang," kata Kelana Noah.

4 dari 4 halaman

Komentar Ketum PSSI

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan sebelumnya mengapresiasi dan bangga dengan perjuangan timnas U-19 menyusul kemenangan atas Hadjuk Split. Dia mennilai permainan anak asuh Shin Tae-yong menunjukkan perkembangan yang positif.

"Luar biasa kemenangan timnas U-19 atas Hajduk Split. Lawan merupakan tim papan atas di Liga Kroasia. Meski begitu, para pemain jangan cepat puas, harus tetap fokus, kerja keras dan pertahankan konsistensi bermainnya," kata Iriawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.