Sukses

1 Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin di Mata Insan Basket Nasional

Jokowi cukup memberikan perhatian pada perkembangan bola basket di Indonesia dalam satu tahun pemerintahannya.

Liputan6.com, Jakarta- 20 Oktober 2020 merupakan peringatan satu tahun dilantiknya Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia. Selama satu tahun periode kedua kepemimpinannya, Jokowi cukup memberikan perhatian pada dunia bola basket.

Selang sebulan setelah dilantik, hadir turnamen bola basket Piala Presiden. Ajang ini dilangsungkan di Sritex Arena, Solo, pada 20-24 November 2019. Satria Muda keluar sebagai juara.

Seluruh laporan penyelenggaraan Piala Presiden Basket 2019 diterima langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (13/2/2020) sore.

"Tanggapan Presiden Jokowi positif. Presiden mengucapkan selamat dan tersenyum atas laporan yang kami berikan. Kami juga menyampaikan jika tahun ini (2020) akan kembali digelar dan hadiahnya akan ditingkatkan," kata Maruarar Sirait yang merupakan Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden Bola Basket 2019.

"Presiden Jokowi juga mengapresiasi turnamen Piala Presiden terus konsisten tanpa menggunakan uang negara, dan yang juga penting, penyelengaraannya selalu diaudit," lanjut pria yang juga menjadi Dewan Pembina PP Persatuan Bola Basket Indonesia ( Perbasi).

Tak hanya mengadakan Piala Presiden 2019, Jokowi juga memberikan perhatian serius pada timnas basket Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia Bola Basket 2023 bersama Filipina dan Jepang.

 

 

Saksikan Video Menarik Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas

Pada awal tahun 2020 ini, Jokowi meminta Perbasi segera mempersiapkan timnas bola basket yang tangguh untuk menghadapi Piala Dunia Basket 2023.

"Saya juga minta siapkan persiapan untuk timnas bola basket yang tangguh dan bermental dalam rangka 2023," kata Presiden saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

"Saya juga minta agar venue yang akan digunakan sebagai tempat bertanding disiapkan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FIBA, mulai dari tempat duduk ruang ganti, lapangan pertandingan pakai kayu dan area untuk hospitality, jaringan internet, dan layanan lainnya," ucap Jokowi.

3 dari 3 halaman

Masukkan

Dukungan Jokowi kepada bola basket nasional ini mendapat apresiasi dari ketua umum Perbasi Danny Kosasih. "Menurut saya Pemerintah Jokowi-Maruf Amin sudah memberikan yang terbaik (bagi dunia olahraga khususnya bola basket) selama kerja satu tahun ini," ujar Danny.

Walau puas, Danny juga memberikan beberapa masukkan kepada Jokowi. Dia berharap pemerintah semakin memperhatikan prestasi olahraga di tanah air.

"Untuk perhatian terhadap olahraga kedepannya, saya harap olahraga harus lebih diperhatikan oleh pemerintah, karena sampai hari ini prestasi olahraga kita masih dibawah negara-negara ASEAN."

"Perhatikan orang-orang pelaku olahraga dengan baik untuk masa depan hidupnya, sehingga orang-orang berani menaruhkan hidupnya di olahraga. Taruhkan orang yang tahu olahraga ditempat yang tepat," lanjut Danny saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (20/10/2020).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini