Belum Adanya Kepastian Tentang Shopee Liga 1, Barito Putera Liburkan Pemain

Oleh Herfianto pada 19 Okt 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 26 Okt 2020, 21:22 WIB
Barito Putera
Perbesar
Pelatih Djadjang Nurdjaman mengaku sudah memiliki kerangka pemain inti Barito Putera usai meraih kemenangan 5-1 pada laga uji coba. (Instagram/@psbaritoputeraofficial)

Liputan6.com, Jakarta - Belum adanya kepastian atas lanjutan Shopee Liga 1 musim 2020 membuat beberapa klub untuk meliburkan pemainnya sambil menunggu informasi selanjutnya. Salah satunya adalah klub asal Banjarmasin, Kalimantan Selatan yaitu Barito Putera.

Pihak manajemen Barito Putera memutuskan meliburkan para pemainnya karena status kelanjutan liga yang belum jelas. Mereka rencananya baru akan berkumpul kembali pada 15 November 2020 mendatang.

Sang pelatih, Djadjang Nurdjaman mengungkapkan langkah ini diambil agar para pemain tetap bisa menjaga kebugarannya saat libur. Sehingga ketika kembali nanti bisa langsung memulai sesi latihan secara taktikal.

"Para pemain diharapkan untuk menjaga kondisi kebugaran selama libur karena pada saat kembali berkumpul kami tidak tidak perlu fokus latihan fisik lagi. Jadi, bisa langsung menggelar sesi latihan taktikal," ungkap Djadjang Nurdjaman yang dilansir situs resmi Barito Putera, Sabtu (17/10/2020).

Ia juga berharap PSSI dan PT LIB selaku operator bisa memberikan kepastian secara tegas kapan jadwal Liga 1 akan dimulai. Sebab, hal itu menyangkut persiapan dan program Barito Putera.

"Semoga liga dapat terealisasi dan tidak ditunda lagi. Agar tidak mempengaruhi kebugaran tim," tegas mantan pelatih Persib Bandung itu.

2 dari 4 halaman

Menyambut Senang Bila Kompetisi Segera Dilanjutkan

Timnas Indonesia
Perbesar
Kiper Timnas Indonesia, Muhammad Riyandi, saat sesi latihan di Stadion Madya, Jakarta, Selasa, (18/2/2020). Untuk meningkatkan performa kiper, Shin Tae-yong menambah porsi waktu latihan. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Muhammad Riyandi yang merupakan kiper Barito Putera ini juga turut angkat bicara terkait kepastian lanjutan Shopee Liga 1. Ia menyebutkan kompetisi akan membawa persepakbolaan Indonesia ke arah yang lebih maju. 

Oleh karena itu, kesepakatan klub-klub Shopee Liga 1 untuk melanjutkan kompetisi layak disambut gembira. "Alhamdulillah bersyukur dengar kabar baik ini. Semoga dengan kabar baik ini bisa membangkitkan kembali persepakbolaan Indonesia, dan semoga tidak ada penundaan lagi," ujar Muhammad Riyandi yang dilansir oleh  Bola.com, Jumat (16/10/2020).

Setelah menyepati untuk melanjutkan kompetisi, klub-klub Shopee Liga 1 kembali melakukan persiapan termasuk Barito Putera yang sebelumnya meliburkan tim selama dua pekan. Semua tim fokus untuk mempersiapkan pemainnya masing-masing.

Riyandi mengaku sebagai pemain sudah sangat merindukan tampil dalam sebuah pertandingan resmi. Sebagai kiper muda, dirinya sangat membutuhkan jam terbang, agar kemampuannya semakin terasah.

Kiper muda yang dipanggil Shin Tae-yong ke pemusatan latihan Timnas Indonesia beberapa waktu lalu itu mengaku, sudah tidak sabar tampil membela tim berjulukan Laskar Antasari itu di Shopee Liga 1.

"Ya, yang pastinya, tentu saja saat ini kaki saya sudah sangat gatal. Terus terang sudah ingin sekali bermain," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Dibubarkan Untuk Sementara Waktu

Barito Putera
Perbesar
Suasana latihan tim Barito Putera di Yogyakarta. (Dok Barito Putera)

Keputusan untuk meliburkan pemain selama sebulan merupakan langkah ekstrem yang diambil Barito Putera. Saat klub Shopee Liga 1 2020 lainnya getol mematangkan persiapan dengan melakoni laga uji coba, Barito Putera justru meliburkan pemain.

Skuad Barito Putera yang saat ini sedang berada di Yogyakarta akan dibubarkan sementara waktu. Para pemain tentu akan memanfaatkan masa liburan dengan kembali ke daerah masing-masing.

Para pemain akan kembali ke kebiasaan lama yakni dengan menggelar sesi latihan mandiri. Upaya itu dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh selama masa liburan.

Meski 18 klub sudah sepakat, hingga kini PSSI belum mendapatkan surat izin dari pihak kepolisian. Kabar berhembus, akan ada pertemuan PSSI dengan Polri untuk membahas perizinan untuk pelaksanaan lanjutan Liga 1.

Yuk, Saksikan streaming PS Barito Putera yang bisa ditonton di aplikasi Vidio.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓