MotoGP: Terungkap, Aktivitas Rossi Sebelum Dinyatakan Positif Covid-19

Oleh Achmad Yani Yustiawan pada 16 Okt 2020, 05:30 WIB
Diperbarui 16 Okt 2020, 05:30 WIB
Valentino Rossi
Perbesar
Valentino Rossi tersenyum melihat desain helm untuk MotoGP San Marino 2020. (Dok MotoGP)

Liputan6.com, Jakarta Pembalap MotoGP dari Monster Energy Yamaha Valentino Rossi positif terjangkit Covid-19. Rossi mengumumkan kabar ini melalui akun media sosial. Dia mengaku mengalami demam ringan dan ngilu ketika bangun.

Rossi menjadi pembalap MotoGP pertama yang terjangkit virus Corona. Sebelumnya Covid-19 juga menyerang pembalap Moto2 Jorge Martin.

Kondisi ini membuat Rossi harus absen di MotoGP Aragon akhir pekan ini. Tidak hanya itu, Rossi memperkirakan juga bakal melewatkan seri MotoGP Teruel di tempat sama pada pekan berikutnya.

Terkait dengan itu, tim Monster Energy Yamaha lewat keterangan resmi mengonfirmasi hal tersebut dan menjelaskan kronologi sebelum sang juara dunia sembilan kali itu mendapati hasil tes positif.

"Ini kabar yang sangat buruk bagi Valentino [Rossi] dan kabar yang sangat buruk bagi tim Monster Energy Yamaha dan untuk semua fan MotoGP di seluruh dunia," kata managing director Lin Jarvis.

2 dari 6 halaman

Jalani Tes

Valentino Rossi
Perbesar
Pembalap Yamaha, Valentino Rossi saat mengikuti sesi tes di Sirkuit Jerez, Spanyol. (Twitter/Yamaha)

Rossi meninggalkan sirkuit Le Mans usai mengikuti MotoGP Prancis kembali ke rumahnya di Tavullia, Italia, Minggu 11 Oktober 2020 lalu.

Dua hari kemudian, Rossi menjalani tes PCR seperti biasa. Hasil tes diterima pada hari berikutnya dan menunjukkan negatif.

3 dari 6 halaman

Demam

Valentino Rossi
Perbesar
Valentino Rossi kesulitan bersaing di kualifikasi MotoGP Styria (Joe Klamar/AFP)

Hingga keesokan harinya, Rossi merasa fit sepenuhnya dan berlatih di rumah tanpa mendapati gejala atau ketidaknyamanan.

Namun, pada Kamis 15 Oktober 2020, Rossi bangun di pagi hari dan merasa sedikit sakit. Dia merasa sedikit demam dan langsung memanggil dokter. Sang dokter menjalani dua tes:

4 dari 6 halaman

Positif

Pertama, tes PCR cepat kembali menunjukkan hasil negatif. Kemudian, tes PCR standar, yang hasilnya diterima pada pukul 16:00 dan menunjukkan hasil positif.

Selama tinggal di rumah dari Minggu malam (11/10) hingga Kamis (15/10), Rossi tidak melakukan kontak dengan siapapun yang saat ini berada di Grand Prix Aragon, termasuk para pebalap Akademi VR46, staf VR46, dan anggota tim Monster Energy Yamaha.

5 dari 6 halaman

Kiprah Rossi di 2020

Valentino Rossi - MotoGP San Marino
Perbesar
Pembalap Monster Yamaha Valentino Rossi dalam balapan MotoGP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (13/9/2020).(AP Photo/Antonio Calanni)

Seri MotoGP-Posisi

Spanyol: DNF

Andalusia: 3

Rep Ceko: 5

Austria: 5

Styria: 9

San Marino: 4

Emilia Romagna: DNF

Catalunya: DNF

Prancis: DNF

6 dari 6 halaman

Simak Video Valentino Rossi Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓