Sukses

Bantu Pemuda saat Covid-19, Kemenpora Gelar Diklat Virtual

Kemenpora menggelar Diklat Virtual untuk membantu pemuda di masa pandemi COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pemuda dan Olahraga () lewat Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional, Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda, menyelenggarakan Kegiatan Diklat Pemuda Bidang Kewirausahaan Dalam Rangka Program Kartu PraKerja. Acara ini dilangsungkan selama dua hari, mulai Rabu (14/10) sampai Kamis (15/10) secara virtual melalui zoom meeting webinar. 

Diklat Virtual ini dibuka oleh Deputi Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah. Adapun sebagai pembicara pada kegiatan Diklat Pemuda bidang Kewirausahaan Pemuda ini yaitu Faisal Abdullah (Deputi Pemberdayaan Pemuda Kemenpora), Dwi Widiani (CEO Planet Bikers Indonesia) dan M. Ikhtiary Gilang Gumelar (Founder Breakday Snack & Cookies). 

Didalam laporannya Kepala Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PP-PON), Tri Winarno menyampaikan jumlah peserta yang mendaftar pada kegiatan ini sebanyak 2053 orang yang terdiri dari unsur Pelajar, Mahasiswa dan Organisasi Kepemudaan yang berasal dari seluruh provinsi di Indonesia melalui Zoom Meeting sebanyak 500 orang dan sisanya sebanyak 1553 orang mengikuti Diklat melalui Live Youtube Channel Official PP-PON Kemenpora.

“Dasar dari pelaksanaan kegiatan Diklat Pemuda Bidang Kewirausahaan ini adalah UU nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, dan juga Pasal 2 Permenegpora nomor: PER.014/MENPORA/II/2007 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional, dimana PP-PON mempunyai tugas melaksanakan pendidikan dan pelatihan di bidang kepemudaan dan keolahragaan secara nasional," kata Tri Winarno. 

Tri Winarno menambahkan, kegiatan ini merupakan salah satu program ke-2 Program Prioritas Kemenpora Tahun 2020 - 2024 yaitu Pemberdayaan Pemuda Menjadi Kreatif, Inovatif, Mandiri dan Berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan. Kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut kerjasama Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia dalam Rangka Pelatihan Gratis Online Penanganan Dampak Covid-19. yang nantinya akan difasilitasi Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. 

Saksikan Video Menarik Berikut ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tujuan

Adapun tujuan dari kegiatan ini ada beberapa poin. pertama kegiatan ini dimaksudkan untuk menyiapkan pemuda penggerak yang memiliki wawasan, pemahaman serta pengetahuan, sikap dan kompetensi kewirausahaan. Kedua, mewujudkan pemuda penggerak yang berkarakter, berkapasitas, mandiri dan berdaya saing. “Dan terakhir untuk meningkatkan penggerak muda yang memiliki kemampuan, kompetensi dan ketrampilan serta kualitas personal di bidang kewirausahaan dan memahami konsep bisnis, strategi bisnis dan pemasaran,“ papar Tri Winarno.

Dalam sambutan dan motivasinya, Deputi Pemberdayaan Pemuda, Faisal Abdullah menyampaikan bahwa kewirausahaan menjadi salah satu alternatif selain menjadi karyawan untuk menggerakkan roda perekonomian di Indonesia apalagi dimasa pandemik ini sehingga para pemuda diharapkan inovasi-inovasi barunya. 

“Dalam rangka prakerja yang merupakan program pemerintah yang sangat tepat dan jitu yaitu bagaimana menggerakkan roda perekonomian dan menggerakkan orang untuk berusaha tentunya dengan membekalinya pendidikan-pendidikan, sehingga kartu prakerja menjadi suatu momentum yang tepat bagi para pemula, bagi orang yang kena phk, bagi yang ingin mengetahui dan mendalami, serta bergaul dibidang kewirausahaan, untuk memahami bagaimana kita berusaha dengan baik belajar secara mandiri dan berdaya saing sehingga mampu menjadi wiraswasta yang tangguh dan menjadi suatu pengusaha yang besar semua itu tentunya melalui suatu pelatihan melalui tahapan perencanaan dan pelaksanaannya," tambah Faisal Abdullah. 

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Kegiatan Diklat Pemuda Bidang Kewirausahaan Dalam Rangka Program Kartu PraKerja ini, Kamis (15/10) siang, ditutup oleh Kepala Pusat Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Nasional (PPPON), Tri Winarno, didalam penutupannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah hadir mengikuti dan mengsukseskan kegiatan ini dan sekaligus menyampaikan laporan hasil link survei kegiatan selama 2 hari ini yang diberikan kepada peserta terhadap pelaksanaan diklat ini.

“Dan hasil survei ini akan menjadi feedback bagi panitia untuk melakukan Continuous Improvement untuk kegiatan diklat selanjutnya," tutup Tri Winarno.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.