Sukses

Cita-Cita Anak Nelayan Bersama Timnas U-19

Mohammad Kanu punya cita-cita gemilang untuk masuk ke tim utama Timnas Indonesia U-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Shin Tae-yong memberikan kesempatan Mohammad Kanu Helmiawan bermain sejak menit pertama pada dua uji coba Timnas Indonesia U-19 melawan Macedonia Utara.

Kanu pun tidak menyia-nyiakan momen itu dengan bermain apik pada laga tersebut. Kanu tampil taktis saat membantu serangan dan bertahan skuat Garuda Muda. 

Pemuda kelahiran Jakarta, 27 April 2001 itu mengawali karier sepak bola ketika bergabung dengan SSB UMS Jakarta pada tahun 2008. Setelah itu, ia pindah ke SSB Mutiara Cempaka Arcici dan Asiop Apacinti.

Pada 2016 Kanu masuk ke PPLP Sumatera Barat dan setahun berselang direkrut oleh Persija Jakarta U-19. Setelah itu Kanu bergabung ke Borneo FC, Babel United, hingga kini membela Muba Babel United.

Perjalanan sepak bola Kanu yang sangat panjang membuat dirinya mendapat panggilan untuk pemusatan latihan Timnas U-19 di Cikarang pada awal 2020 lalu. 

"Alhamdulillah pada awal 2020 saya mendapat panggilan pemusatan latihan (TC) Timnas U-19 di Cikarang saat ini. Setelah itu saya bersyukur selalu dipanggil pelatih Shin Tae-yong saat lanjutan TC Timnas U-19 di Thailand, Jakarta, dan saat ini di Kroasia," Kanu di laman resmi PSSI. 

Saksikan Video Timnas U-19 Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berperan Besar

Kanu menyebt peran besar orang tua dalam karier sepak bolanya. Sang ayah yang berprofesi sebagai nelayan dan ibu rumah tangga terus memberikan semangat dan motivasi untuk Kanu agar menjadi anak sekaligus pemain sepak bola yang baik dan gemilang. 

"Saya bertekad dan punya mimpi menembus tim utama timnas U-19 nantinya. Saya ingin bermain di ajang Piala AFC U-19 dan tentu Piala Dunia U-20 tahun depan," tambah Kanu.

 

3 dari 3 halaman

Sangat Menikmati

Kanu juga menyampaikan kalau dirinya sangat menikmati setiap materi latihan yang diberikan oleh pelatih Shin Tae-yong . Ia juga merasakan kemajuan dari segi fisik, stamina, teknik serta aspek lainnya. 

"Kami harus selalu semangat, kerja keras, disiplin dan fokus. Pelatih Shin Tae-yong sangat luar biasa dalam memberikan materi latihan. Dan beliau sangat disiplin," jelas Kanu.

Tidak lupa Kanu juga menyatakan bahwa ia mempunyai cita-cita membawa timnas Indonesia meraih prestasi. Selain itu ia juga ingin bermain di kompetisi Eropa.

 

Penulis: Ray Kevin Agape

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.