Sukses

Gelar Wushu Championship 2020 di Tengah Pandemi, Menpora Apresiasi Konsistensi PBWI

PBWI kembali menggelar Wushu Championship 2020 yang berlangsung sejak 10 Oktober sampai 17 Oktober 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali meresmikan Wushu Championship 2020 secara virtual, Sabtu (10/10/2020).

Pada kesempatan ini, Menpora memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI). Ia menilai PBWI mampu berinovasi dan beradaptasi dengan kondisi yang serba tidak menentu ini.

“Saya mengapresiasi turnamen ini. Sasana berupaya melakukan bina atlet untuk atlet mudanya. Tentu Kemenpora sangat mendukung kreativitas cabang olahraga yang melakukan inovasi dan kreativitas,” ujar Menpora seperti dilansir dari situs Kemenpora.

“Perbaikan tata kelola yang dilakukan pengurus wushu juga kami apresiasi. Hal ini sangat sejalan dengan kami yang berada Kemenpora,” tambahnya.

Wushu Championship 2020 digelar sejak 10 Oktober dan berakhir pada 17 Oktober 2020. Kompetisi ini diikuti 632 atlet yang terdiri dari 319 atlet putra dan 313 atlet putri dari seluruh penjuru Indonesia.

Simak Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidak Mudah

Menpora mengaku acara yang digelar secara virtual itu bukanlah hal mudah. Ia mengungkap butuh kerja keras dan konsistensi yang tinggi agar acara tersebut berjalan lancar.

Ditambah kejuaraan tingkat nasional itu digelar ditengah pandemi Covid-19, tentu tantangan akan semakin tinggi karena seluruh perangkat pertandingan tidak hadir secara langsung dalam satu venue yang sama.

3 dari 5 halaman

Regenerasi

Kejuaraan ini memiliki misi untuk menjaring dan mendata seluruh atlet junior yang tersebar di berbagai dareah. PBWI ingin seluruh atlet muda tersebut mendapat kesempatan yang sama untuk membela Indonesia kelak.

Nantinya, dari ajang ini akan disaring beberapa nama untuk mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas). Mereka akan dipersiapkan baik secara fisik ataupun mental untuk bertanding di ajang internasional.

4 dari 5 halaman

Terima Kasih

Menpora turut menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Ketua Umum PBWI, Airlangga Hartanto, karena memfasilitasi acara ini. Menurutnya, acara ini sangat penting untuk menjaring atlet kelas dunia.

“Saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Ketua Umum PB Wushu Indonesia, ditengah kesibukan beliau masih memberikan perhatian dalam pembinaan dan pengembangan Wushu Indonesia,” paparnya.

5 dari 5 halaman

Ukir Prestasi

Virtual Wushu Championship 2020 diharapkan bisa memunculkan atlet-atlet baru yang memiliki bakat terpendam. Menpora berharap acara ini bisa berjalan lancar dan seluruh atlet bisa bersemangat untuk meraih prestasi.

“Bertanding lah dengan semangat, dan sportif. Untuk pelatih, bimbing lah atlet-atlet ini dengan baik. Kepada juri yang bertugas, nilai lah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Semoga kejuaraan ini berjalan dengan sukses dan lancar,” pungkasnya.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.