Prediksi Polandia Vs Italia: Awas Lewandowski

Oleh Marco Tampubolon pada 11 Okt 2020, 09:30 WIB
Diperbarui 11 Okt 2020, 09:30 WIB
PREDIKSI Polandia vs Italia
Perbesar
Polandia vs Italia (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta Polandia akan berhadapan dengan Italia pada UEFA Nations League, Senin dini hari WIB. Bertanding di Energa Gndask, tuan rumah tentu enggan kehilangan poin penuh.

Namun bukan perkara mudah bagi Polandia mewujudkan ambisi itu. Sebab tim lawan datang dengan sederet catatan fantastis sebagai bukti kekuatan yang dimiliki.

Seperti dilansir Sportmole, Italia meruapakan pemuncak klasemen Grup 1 UEFA Nations League saat ini. Gli Azzurri memimpin 4 poin lewat satu kemenangan dan sekali seri.

Italia mengawali langkahnya pada turnamen ini dengan bermain imbang melawan Bosnia 1-1 pada 4 September lalu. Sementara pada pertandingan kedua, Italia sukses mengalahkan Moldova 6-0, Rabu lalu.

Kekuatan Italia benar-benar berbeda dari UEFA Nations League edisi sebelumnya. Saat itu, Italia hanya mampu finis di urutan kedua di belakang sang juara Portugal pada penyisihan grup dengan hanya mengemas satu kemenangan saja.

Namun Italia di bawah kendali Roberto Mancini terus berbenah. Perubahan terlihat di babak kualifikasi Piala Eropa 2020 di mana Italia menyapu bersih seluruh pertandingan dengan 10 kemenangan dan mencetak 37 gol.

Ini sekaligus memastikan Italia melaju ke putaran final tahun depan. Italia mencatat rekor tak terkalahkan sejak pertemuan melawan Portugal di UEFA Nations League 2018/19 dan meraih 14 kemenangan dari 17 laga.

 

2 dari 5 halaman

Asa pada Lewandowski

Robert Lewandowski Sabet Penghargaan Pemain Terbaik UEFA
Perbesar
Penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski tersenyum saat menerima penghargaan Pemain Terbaik UEFA dalam acara UEFA Awards di Genewa, Swiss (1/10/2020).Dalam acara ini Lewandowski juga dinobatkan sebagai penyerang terbaik. (Harold Cunningham / AFP / UEFA)

Polandia? The Eagles mengawali kiprahnya di UEFA Nations League dengan menelan kekalahan atas Belanda, 4 September lalu. Di laga kedua Rabu lalu, Polandia bangkit dan berhasil mengalahkan Bosnia Herzegovina dengan skor tipis 2-1. Mengantongi 3 poin dari dua laga, Polandia berada di posisi 3 Grup 1.

Meski demikian, Polandia juga sudah menyusul langkah Italia ke putaran final Piala Eropa 2020. Polandia mengemas 8 kemenangan dari 10 laga dan finis sebagai juara grup G.

Selain itu mental bertanding Polandia juga tengah terjaga setelah di laga persahabatan belum lama ini berhasil mengalahkan Finlandia 5-1. Kehadiran striker Robert Lewandowski yang baru dinobatkan sebagai pemain terbaik Eropa tahun 2020 juga menambah kekuatan lini depan tuan rumah.

Sebelumnya, pemain Bayern Munchen itu absen di UEFA Nations League karena harus memperkuat klub di Liga Champions. Ambisi Lewandowski menjebol gawang Italia bakal meningkat mengingat dua pertemuan di UNL sebelumnya, eks Borussia Dortmund itu sama sekali tidak mampu mencetak gol. Sebelumnya, Polandia bermain imbang 1-1 di Renato Dall'Ara dan kalah 0-1 di Silesian Stadium.

 

3 dari 5 halaman

Prediksi Line Up

Leonardo Bonucci
Perbesar
Bek Timnas Italia Leonardo Bonucci (kiri) merayakan gol ke gawang Prancis bersama Rolando Mandragora pada laga uji coba di Allianz Riviera, Jumat (1/6/2018). (AP Photo/Claude Paris)

Kehadiran Robert Lewandwoski menjadi salah satu poin penting bagi kekuatan Polandia dini hari nanti. Ketajamannya bersama Polandia telah teruji lewat 61 gol yang sudah dicetak sepanjang kariernya.

Sayang, Polandia harus kehilangan pemain Napoli, Piotr Zelinski. Pemain 26 tahun itu tidak bisa tampil karena terjangkit virus corona Covid-19.

Sementara itu, Italia kemungkinan bakal menurunkan lagi striker Stephan El Shaarawy. Penyerang berdarah mesir itu tampil impresif saat Italia melumat Moldova 6-0.

Kekuatan Italia juga akan mengalami perubahan dengan kehadiran Leonardo Bonuci dan Giorgio Chiellini. Keduanya sudah bisa tampil setelah diizinkan meninggalkan 'gelembung' Juventus yang diterapkan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona Covid-19.

Berikut adalah prediksi susunan pemain Polandia vs Italia

Polandia:

Fabianski; Kedziora, Glik, Bednarek, Bereszynski; Goralski, Krychowiak; Jozwiak, Szymanski, Grosicki; Lewandowski

Italia:

Donnarumma; D'Ambrosio, Bonucci, Chiellini, Spinazzola; Barella, Jorginho, Locatelli; El Shaarawy, Immobile, Chiesa

 

4 dari 5 halaman

5 Pertemuan Terakhir

Head-to-Head

Pertemuan: 16

Polandia menang: 3

Gol Polandia: 10

Imbang: 7

Italia menang: 6

Gol Italia: 21.

 

5 Pertemuan Terakhir

15-10-2018 Polandia 0-1 Italia (UNL)

08-09-2018 Italia 1-1 Polandia (UNL)

12-11-2011 Polandia 0-2 Italia (Friendly)

13-11-2003 Polandia 3-1 Italia (Friendly)

30-04-1997 Italia 3-0 Polandia (Kualifikasi Piala Dunia).

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓