Resmi Jadi WNI, Marc Klok Janji Meraih Prestasi Bersama Timnas Indonesia

Oleh Liputan6.com pada 05 Okt 2020, 18:55 WIB
Diperbarui 05 Okt 2020, 18:55 WIB
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan bersama Marc Klok setelah naturalisasinya disetujui pemerintah.
Perbesar
Ketua PSSI, Mochamad Iriawan bersama Marc Klok setelah naturalisasinya disetujui pemerintah. (PSSI).

Liputan6.com, Jakarta - Legiun asing Persija Jakarta Marc Klok resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Kini, Marc Klok memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) setelah dinyatakan resmi menjadi WNI oleh Komisi III DPR RI bersama kementrian terkait.

Marc Klok didampingi Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Plt Sekjen Yunus Nusi untuk mengikuti rapat kerja virtual terkait pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia.

Berdasarkan keputusan rapat kerja yang dilaksanakan bersama DPR RI, Kementrian Hukum dan Ham (Kemenkumham), serta Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), ketiga lembaga negara itu menyetujui permohonan Marc Klok untuk menjadi WNI.

Marc Klok telah mengajukan proses naturalisasi sejak 2019 lalu saat berseragam PSM Makassar. Ia beralasan ingin membela Timnas Indonesia dan mempersembahkan banyak prestasi kepada Bumi Pertiwi.

“Terima kasih kepada Ketua Umum PSSI dan pihak-pihak yang telah membantu saya dalam proses naturalisasi ini. Saya berharap bisa memperkuat dan meraih prestasi bersama Timnas Indonesia nantinya,” ujar Klok, Senin (5/10/2020).

2 dari 5 halaman

Bersyukur

Persija mengumumkan Marc Klok sebagai pemain baru.
Perbesar
Persija mengumumkan Marc Klok sebagai pemain baru. (Media Persija).

Setelah dinyatakan sah menjadi WNI, Marc Klok mengungkap bahwa dirinya sangat bersyukur proses naturalisasinya dapat diterima. Ia mengaku senang dan gembira karena telah resmi diakui sebagai WNI.

“Saya merasa senang, semua proses yang sudah dilakukan bisa berjalan dengan lancar," tuturnya.

“Selama ini, saya menikmati bisa bermain di Liga Indonesia serta tertarik dengan kultur budaya di Indonesia yang dikenal dengan keramahannya. Kini, saya sudah menjadi bagian dari hal itu.”

3 dari 5 halaman

Tidak Sembarangan

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan
Perbesar
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Dok PSSI)

Terkait proses naturalisasi Marc Klok, Iriawan mengungkap bahwa program naturalisasi ini dilakukan dengan proses yang selektif. Ia mengaku tidak sembarangan mengajukan proses naturalisasi dan ada kriteria tertentu.

“Kami tidak sembarangan mengajukan proses naturalisasi. Pemain yang benar-benar memiliki skill, teknik serta attitude yang mumpuni dan bisa menambah kekuatan Timnas Indonesia yang akan diajukan proses naturalisasi oleh PSSI,” paparnya.

4 dari 5 halaman

Bergabung dengan Timnas Indonesia

Timnas Indonesia Vs Timnas Thailand
Perbesar
Ekspresi para pemain Timnas Indonesia, termasuk kiper Awan Setho Raharjo (baju hijau) setelah kalah 2-4 dari Thailand pada Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala, Sabtu (17/11/2018). (Bola.com/M. Iqbal Ichsan)

Dengan disetujuinya Marc Klok sebagai WNI, Iwan Bule sapaan akrab Ketua Umum PSSI berharap pemain berusia 27 tahun itu dapat memperkuat Timnas Indonesia. Ia yakin kemampuan Marc Klok akan berguna di lini tengah Skuat Garuda.

“Kehadiran Marc Klok di Timnas Indonesia bisa menimbulkan hal positif, saya harap dia dipanggil untuk memperkuat timnas. Klok merupakan pemain hebat, dia sudah menunjukkan talentanya saat bermain di beberapa liga di Eropa, lalu PSM Makassar dan saat ini bermain di Persija Jakarta,” pungkasnya.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

5 dari 5 halaman

Simak Video Marc Klok Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓