Alasan Timnas U-19 Indonesia Batal Pergi ke Turki

Oleh Harley.Ikhsan pada 02 Okt 2020, 19:25 WIB
Diperbarui 02 Okt 2020, 19:25 WIB
Timnas Indonesia U-19
Perbesar
Timnas Indonesia U-19 (dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 menetap di Kroasia untuk menjalani pemusatan latihan (TC). Anak asuh Shin Tae-yong tidak jadi pergi ke Turki karena belum ada kepastian lawan uji coba di sana.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyampaikan kabar itu melalui situs resmi federasi.

"PSSI memutuskan timnas U-19 terus melanjutkan TC di Kroasia. Kami sudah mempersiapkan lawan-lawan uji coba yang berkualitas untuk timnas U-19 selama bulan Oktober di sana," kata Iriawan.

Federasi akan terus memantau perkembangan timnas U-19 dari Jakarta. Iriawan menilai Amiruddin Bagas dan kawan-kawan semakin menunjukkan perkembangan positif dari hari ke hari.

"Saya senang dengan terus meningkatnya kemampuan pemain. PSSI terus mendukung program pelatih Shin Tae-yong demi torehan maksimal timnas U-19," kata Iriawan.

 

2 dari 4 halaman

Rencana Batal

Timnas Indonesia U-19
Perbesar
Pelatih Shin Tae-yong memberikan sinyal untuk melakukan rotasi pemain Timnas Indonesia U-19 saat menghadapi Bosnia dan Herzegovina. (dok. PSSI)

Timnas U-19 berada di Kroasia sejak akhir Agustus dan rencananya menggelar TC hingga akhir September. Semula PSSI berencana memindahkan mereka ke Turki, Spanyol, atau Portugal. Turki kemudian mencuat sebagai kandidat utama karena membuka pintu sampai akhirnya diambil keputusan terbaru. 

Niat pulang ke Tanah Air juga batal karena kompetisi sepak bola Liga 1 dan 2 kembali ditunda karena Polri tidak mengeluarkan izin. Sebelumnya diharapkan pemain mengasah kemampuan di tim masing-masing.

 

3 dari 4 halaman

Persiapan Timnas U-19

Bek Timnas Indonesia U-19, Bagas Kaffa, sedang menguatkan otot.
Perbesar
Bek Timnas Indonesia U-19, Bagas Kaffa, sedang menguatkan otot. (PSSI).

Selama TC di Kroasia, timnas U-19 menjalani tujuh pertandingan uji coba dengan hasil dua kali menang, dua kali seri dan tiga kali kalah.

Timnas U-19 menggelar TC di luar negeri menjadi persiapan menuju Piala AFC yang berlangsung awal 2021 di Uzbekistan. Selanjutnya mereka diproyeksikan berkompetisi di Piala Dunia U-20.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Timnas U-19 Berikut Ini

Lanjutkan Membaca ↓