Usai Tekuk Dinamo Zagreb, Timnas U-19 Indonesia Berpeluang Geser ke Turki

Oleh Marco Tampubolon pada 29 Sep 2020, 15:48 WIB
Diperbarui 29 Sep 2020, 15:48 WIB
Timnas
Perbesar
Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Kroasia. (Dok PSSI)

Liputan6.com, Jakarta Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akan melanjutkan program latihan Timnas U-19 di luar negeri. Bahkan Witan Sulaiman dan kawan-kawan berpeluang melanjutkan TC di negara lain. 

Seperti diketahui, timnas U-19 Indonesia tengah menjalani program pemusatan latihan di Kroasia. Selain berlatih, hingga saat ini, pasukan Shin Tae-yong juga telah menjalani tujuh uji coba. 

Terbaru, Timnas U-19 Indonesia berhasil memenangkan uji coba melawan Dinamo Zagreb dengan skor 1-0 di komplek Stadion Maksimir (Dinamo Zagreb Academy), Zagreb, Senin (28/9/2020). Sementara sebelumnya, Garuda Muda juga sempat bertanding melawan melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), dan Bosnia Herzegovina (0-1). 

Di Indonesia, PSSI baru saja mendapat kabar buruk seputar lanjutan Liga 1 dan Liga 2. Kedua kompetisi ini batal dilanjutkan pada bulan Oktober akibat tidak terbitnya izin keramaian dari Polri. 

Ada dua alasan Polri mengeluarkan keputusan ini. Pertama adalah situasi pandemi virus Corona COVID-19 di Indonesia yang masih tinggi dan terbitnya maklumat untuk tidak mengeluarkan izin keramaian bagi kegiatan untuk semua tingkatan selama masa pandemi virus Corona Covid-19. 

 

 

2 dari 5 halaman

Banyak Kemajuan

Sandi Arta Samosir
Perbesar
Sandi Arta Samosir bangga mendapatkan kesempatan bermain di Timnas Indonesia U-19, namun kecewa dengan hasil pertandingan melawan Kroasia. (dok. PSSI)

PSSI selaku induk olahraga sepak bola Tanah Air menghormati keputusan ini. Meski pandemi juga tidak hanya terjadi di Indonesia, PSSI belum berniat menghentikan program TC Timnas U-19. 

"Perlu saya sampaikan kalau timnas U-19 Indonesia yang saat ini berada di Kroasia mengalami perkembangan yang luar biasa. Setiap pagi saya pantau perkembangan mereka, dan saya sudah berkomunikasi dengan direktur teknik kita yang ada di sana," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan kepada wartawan dalam acara jumpa pers yang berlangsung, Selasa (29/9/2020). 

 

3 dari 5 halaman

Bergeser ke Turki

Shin Tae-Yong
Perbesar
Ketua Umum PSSI, Iwan Bule dan Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-Yong memantau TC di Jakarta (dokumen PSSI)

"Sesuai arahan Menpora (Zainuddin Amali), para pemain timnas U-19 Indonesia akan tetap berada di Kroasia. Dan kalau memungkinkan TC kita geser ke Turki," beber pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Timnas U-19 Indonesia merupakan tim yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia di Piala Dunia U-20 tahun depan. Kebetulan, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk event akbar tersebut. 

 

4 dari 5 halaman

Gol Witan

Pada pertandingan melawan Dinamo Zagreb, gol tunggal kemenangan Timnas U-19 dicetak oleh Witan Sulaeman pada menit ke-38. Pemain yang bermain untuk klub FK Radnik Surdulica, Serbia tersebut mencetak merobek jala lawan lewat tendangan dari dalam kotak penalti Dinamo Zagreb. 

 

5 dari 5 halaman

Saksikan juga video menarik di bawah ini

Lanjutkan Membaca ↓