Sukses

PBSI Segera Punya Ketum Baru, Agung Firman Kandidat Terkuat

PBSI sedang mencari ketua umum baru untuk menggantikan Wiranto yang selesai masa baktinya Oktober nanti.

Liputan6.com, Jakarta Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan memiliki ketua umum baru menggantikan Wiranto yang segera habis masa baktinya. Ketua BPK RI Agung Firman Sampurna menjadi calon kuat ketum PBSI 2020-2024.

Seperti diketahui masa jabatan Wiranto bakal berakhir pada Oktober ini. Wiranto sendiri sudah memastikan tidak akan ikut dalam pemilihan ketua umum selanjutnya.

Nama Agung Firman kemudian mencuat kepermukaan sebagai calon ketum PBSI 2020-2024. Pasalnya Agung Firman sudah mendapat dukungan dari 26 pengprov.

"Kami melihat ada kesinambungan jika tongkat kepemimpinan dari Pak Wiranto diteruskan kepada Pak Agung Firman. Sejauh ini sudah ada 26 dari 34 pengprov yang menyatakan dukungan secara tertulis," kata Ketua Pengprov PBSI DKI Jakarta Alex Tirta, di Jakarta, Rabu (23/9/2020).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perlu 10 Dukungan

Maka dari itu, lanjutnya, musyawarah untuk mufakat antar-pengprov mencari ketua umum yang baru sangat penting. "Masih ada delapan pengprov lagi yang belum menyerahkan surat dukungan. Tapi kami yakin, suksesi kepemimpinan akan berlangsung aklamasi," ujarnya.

Sesuai peraturan, calon ketua umum harus didukung oleh 10 pengprov. "Jika tidak tercapai kata mufakat, maka diatur mekanisme pemilihan. Tapi untuk menjadi calon ketua umum harus didukung oleh 10 pengprov," katanya.

3 dari 3 halaman

Mandiri

Alex menjelaskan, sesuai aturan organisasi yang tertuang di AD/ART, ketua umum dipilih oleh pengprov. Ini murni aturan organisasi yang sudah ada sejak dahulu," katanya.

Alex pun mengatakan, para pengurus pengprov sangat berharap Pak Agung Firman bisa membawa PBSI mandiri secara keuangan. Sosoknya sebagai ketua BPK RI dianggap pas dalam membenahi keuangan PBSI.

"Saat ini PBSI masih ada masalah di sektor pendanaan karena kurangnya minat sponsor. Kami berharap agar PBSI ke depan dapat mengundang perusahaan-perusahaan lain untuk ikut menjadi sponsor di PBSI. Hal ini untuk menggairahkan kegiatan bulu tangkis di daerah, terutama daerah yang masih tertinggal fasilitas dan pembibitan pemain mudanya. Ke depan PBSI butuh turnamen- turnamen di daerah, dan harus ada sponsor yang membantu mendanai pengprov dalam mewujudkannya," kata Alex Tirta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.