Persib Asah Kekompakan Lini Belakang Jelang Dilanjutkannya Shopee Liga 1

Oleh Huyogo Simbolon pada 24 Sep 2020, 11:00 WIB
Diperbarui 24 Sep 2020, 11:00 WIB
Fabiano Beltrame
Perbesar
Fabiano Beltrame berlatih bersama Persib Bandung menjelang Shopee Liga 1 2020. (Bola.com/Erwin Snaz)

Liputan6.com, Bandung Persib Bandung menggelar persiapan jelang bertanding melawan Madura United pada lanjutan Shopee Liga 1 2020. Dalam sesi latihan Rabu (23/9/2020), anak asuh Robert Rene Alberts terutama para pemain yang beroperasi sebagai bek mendapatkan perhatian khusus dengan berlatih lebih awal dibandingkan pemain lainnya.

Sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) tersebut, Nick Kuipers dan kawan-kawan menjalani program khusus dari Robert. Namun menurut pelatih asal Belanda itu, latihan khusus ini diterapkan untuk semua posisi. Sebelumnya program ini juga diberlakukan pada pemain yang beroperasi sebagai striker.

"Mungkin pekan depan ada latihan lebih awal untuk gelandang karena kami mempunyai beberapa pembagian dengan latihan yang spesifik di setiap posisinya," ucap Robert usai memimpin sesi latihan. 

Pelatih 65 tahun ini mengaku tidak memiliki cara lain untuk membagi posisi para pemainnya. Sebab dia berharap metode latihan yang dijalani Persib sekaligus dapat menjaga kualitas lapangan Stadion GBLA karena akan dijadikan home base di Liga 1 2020. 

"Tidak ada lapangan latihan lainnya bagi kami untuk saat ini dengan standar seperti ini. Maka dari itu, pemain belakang diminta untuk datang lebih awal untuk dilatih materi yang spesifik," ungkapnya.

Robert pun berharap agar Persib memiliki lapangan latihan sendiri. Sehingga program yang diberikan bisa dijalankan dengan baik.

"Tentunya akan lebih bagus jika kami mempunyai lapangan latihan sendiri. Satu posisi berlatih di satu lapangan dan posisi lain berlatih di lapangan lainnya. Itu yang harusnya dilakukan di sepak bola profesional, tapi situasinya seperti ini sekarang," tuturnya.

Seperti diketahui, Persib akan menghadapi Madura United pada 4 Oktober mendatang. Kedua tim akan bertanding di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (SGMRP), Pamekasan, Jawa Timur.

 

2 dari 3 halaman

Henhen Jadi Bek Tengah

Piala Presiden 2019: Persib Bandung Vs Perseru Serui
Perbesar
Bek Persib Bandung, Henhen Herdiana, menggiring bola saat melawan Perseru Serui pada laga Piala Presiden 2019 di Stadion Si Jalakl Harupat, Soreang, Bandung, Selasa (12/3). Persib menang 4-0 atas Perseru. (Bola.com/Yoppy Renato)

Sementara itu, bek sayap Persib Henhen Herdiana mengaku tak masalah digeser ke posisi bek tengah oleh Robert. Sebelumnya pemain jebolan Diklat Persib itu berposisi sebagai bek sayap.

"Dipasang sebagai bek tengah ya profesional saja dalam sepak bola," tutur Henhen.

Belakangan ini Henhen kerap kali dipasang sebagai bek tengah. Salah satunya ketika Persib uji coba melawan klub Liga 3 Mandala FC. Dalam laga yang berkesudahan dengan skor 26-0 itu, Henhen ditandemkan dengan Fabiano Beltrame di sektor bek tengah Maung Bandung.

"Itu bukan pertama kali duet sama Fabiano. Bahkan ketika kita di Vietnam lawan Hanoi FC (awal 2020), Henhen pertama kali menjadi center bcak bersama Fabiano," ungkap pemain 25 tahun itu.

Menurut Henhen ada kegembiraan lain ketika diduetkan bersama pemain berpengalaman sekaliber Fabiano. Ia pun mengatakan banyak menyerap ilmu mengawal pertahanan dari pemain naturalisasi itu.

"Sebuah keuntungan main bersama pemain senior punya pengalaman seperti Fabiano. Bisa Henhen contoh dia di posisi itu," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓