Di Barcelona, Ivan Rakitic Tidak Berteman Dekat dengan Lionel Messi dan Luis Suarez

Oleh Bogi Triyadi pada 22 Sep 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 22 Sep 2020, 21:00 WIB
Lionel Messi Barcelona
Perbesar
Penyerang Barcelona, Lionel Messi (kiri) melakukan selebrasi bersama Ivan Rakitic dan Andres Iniesta (kanan) pada jornada 7 La Liga 2017-2018, Minggu (1/10/2017), di Estadio Camp Nou. Barcelona unggul dengan skor 3-0. (AFP/Jose Jordan)

Liputan6.com, Sevilla - Ivan Rakitic memutuskan meninggalkan Barcelona setelah enam musim yang gemilang bermain untuk klub Catalan tersebut. Gelandang berusia 32 tahun itu kembali ke mantan klubnya, Sevilla.

Ivan Rakitic merupakan anggota penting dari skuat Barcelona. Dia membuat 310 penampilan di Camp Nou, dengan mencetak 35 gol dan 42 assist.

Pemain asal Kroasia itu masing-masing memenangkan empat gelar juara La Liga Spanyol dan Copa del Rey, dan sati trofi Liga Champions.

Tetapi di balik kesuksesan itu, ada desas-desus tentang hubungan Rakitic dengan Lionel Messi dan Luis Suarez. Ketiganya ternyata tidak memiliki hubungan persahabatan yang erat saat di Barcelona.

 

 

2 dari 4 halaman

Komentar Ivan Rakitic

Real Madrid-Barcelona
Perbesar
Ivan Rakitic (kiri) melakukan seleberasi bersama Luis Suarez usai mencetak gol ke gawang Real Madrid pada La Liga Spanyol di Stadion Santiago Bernabeu, Madrid, (24/4). Barcelona menang atas Real Madrid dengan skor 3-2. (AP Photo/Daniel Ochoa de Olza)

Ivan Rakitic mengakui tidak berteman akrab dengan Messi dan Suarez. Tapi, dia menghormati mantan rekan setimnya tersebut.

"Hubungan saya dengan mereka tidak pernah menjadi salah satu teman dekat. Saya percaya itu sulit dalam kelompok yang terdiri dari 23 atau 24 pemain," katanya kepada El Desmarque.

"Teman terdekat saya adalah Andres Iniesta, [Marc-Andre] ter Stegen, [Kevin-Prince] Boateng, dan Junior Firpo musim lalu."

"Tapi saya menghormati mereka berdua. Mereka adalah rekan tim saya selama enam tahun dan merupakan pemain yang sangat penting. Saya selalu bergaul dengan sangat baik dan sangat menghormati mereka," ucap Rakitic menambahkan.

"Selama lockdown virus corona, kami semua sangat dekat, hampir bertetangga. Saya sangat berterima kasih atas perlakuan mereka terhadap saya selama bertahun-tahun," pungkas Rakitic.

 

3 dari 4 halaman

Mengulang Sukses

Gelandang Barcelona, Ivan Rakitic.
Perbesar
Gelandang Barcelona, Ivan Rakitic.(AFP/Josep Lago)

 Rakitic memulai kembali kehidupannya di Sevilla dengan manis. Dia mencetak gol kemenangan Sevilla dalam laga persahabatan melawan Levante yang berakhir 3-2.

Rakitic adalah kapten Sevilla saat meraih kejayaan di Liga Europa selama periode mengesankan antara 2011 dan 2014. Ia pun bertekad untuk mengulang kesuksesan itu bersama Sevilla.

 

4 dari 4 halaman

Piala Super Europa

Sevilla VS Inter Milan
Perbesar
Para pemain Sevilla berselebrasi memegang trofi setelah menang atas Inter Milan pada pertandingan Final Liga Europa di Stadion Rhein Energie, Sabtu (22/8/2020) dini hari. Sevilla menjadi juara Liga Europa setelah menang dengan skor 3-2. (Lars Baron, Pool Photo via AP)

Sevilla akan menghadapi Bayern Munchen pada Piala Super Eropa yang berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Jumat (25/9/2020) dini hari. Laga ini merupakan duel juara Liga Europa melawan kampiun Liga Champions musim lalu.

Sevilla selanjutnya akan menghadapi Cadiz, 28 September, untuk laga pembuka Liga Spanyol musim ini. Kemudian Rakitic akan mengunjungi mantan klubnya, Barcelona, di Camp Nou, 4 Oktober.

Lanjutkan Membaca ↓