Sukses

Cristiano Ronaldo Diabadikan Jadi Nama Akademi Sepak Bola Sporting CP

Sosok Cristiano Ronaldo diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi pemain-pemain muda Sporting CP.

Liputan6.com, Jakarta Sportng CP mengubah nama akademi sepak bola mereka menjadi Cristiano Ronaldo. Klub bertujuan agar para pemain muda mereka terinspirasi dengan kesuksesan pemain yang dijuluki CR7 tersebut. 

Ronaldo seperti diketahui mengawali karier sepak bolanya dari klub asal Portugal itu. Setelah menimba ilmu di tim usia muda, Ronaldo sempat semusim memperkuat tim utama Sporting CP sebelum pindah ke Manchester United (MU). Namanya terus bersinar dan menjadi pesepak bola tersukses di dunia. 

"Anak yang baik membangun rumah dan rumah yang dibangun Cristiano Ronaldo sekarang menggunakan namanya dan juga untuk menghormati pemain terbaik Portugal sepanjang masa, pemain terbaik di dunia yang telah dianugerahi 5 gelar Ballon d'Or dan menjadi kapten timnas di mana dia telah memenangkan kejuaraan Eropa dan UEFA Nations League," bunyi pertanyaan Sporting CP.

Tidak hanya nama akademi yang berubah menjadi Academia Cristiano Ronaldo saja. Lapangan di pusat pelatih pemain usia muda itu juga kini menyematkan nama mantan pemain Real Madrid tersebut. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sepak Terjang Ronaldo

Ronaldo merupakan salah satu megabintang lapangan hijau yang telah merebut berbagai kejuaraan. Pemain berusia 35 tahun itu mulai bergabung dengan tim usia muda Sporting CP pada tahun 1997.

Setelah tiga tahun, dia mendapat kesempatan naik kelas ke tim cadangan sebelum akhirnya didaulat memperkuat tim utama Sporting CP pada tahun 2002. 

Bakat dan kemampuan Ronaldo kemudian terendus oleh Manchester United yang saat itu masih ditangani oleh Sir Alex Ferguson. MU kemudian mendatangkannya ke Old Trafford pada tahun 2003. 

Bersama MU, nama Ronaldo terus berkibar. Selama enam tahun berseragam Setan Merah, Ronaldo meraih berbagai gelar juara, termasuk tiga gelar Premier League dan satu trofi Liga Champions. 

Pada tahun 2009, Ronaldo dijual ke Real Madrid dan bertahan hingga sembilan tahun. Bersama Los Blancos, Ronaldo kembali menambah koleksi trofinya. Dua gelar La Liga, empat gelar Liga Champions Eropa, dan sederet gelar juara lainnya berhasil dimenangkan Ronaldo bersama skuat ibu kota. 

 

3 dari 4 halaman

Gelar Lainnya

Sepanjang kariernya, Ronaldo juga meraih lima gelar Ballon d'Or. Dan bersama timnas Portugal, Ronaldo berhasil memenangkan satu gelar Piala Eropa dan UEFA Nations League. 

Sejak dua musim lalu, Ronaldo telah memperkuat Juventus dan sudah memenangkan 2 gelar scudetto.

4 dari 4 halaman

Biodata Ronaldo

Nama Lengkap: Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro

Julukan: Ronaldo / CR7

Nama Populer: Cristiano Ronaldo

Tempat, Tanggal Lahir: Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985 ( 35 tahun)

Kewarganegaraan: Portugal

Tinggi: 187 cm

Berat: 84 Kg

Klub: Sporting Lisboa (2001 – 2003)

Manchester United (2003 – 2009)

Real Madrid (2009 – 2018)

Juventus (2018 – )

Nomer Punggung: 7

Nama Orang Tua: Jose Dinis Aveiro (Ayah) dan Maria Dolores dos Santos Aveiro(Ibu)

Nama Saudara: Hugo Aveiro, Elma Aveiro, dan Liliana Catia

Nama Pasangan: Georgina Rodriguez

Pendidikan: Sekolah Sepakbola Andorinha, Escola Basica e Secundaria Goncalves Zarco

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.