Sukses

Barcelona vs Gimnastic Tarragona: Alasan Ronald Koeman Pakai Formasi Mirip Real Madrid

Ronald Koeman memulai sistem baru di Barcelona saat melakoni uji coba melawan Gimnastic Tarragona.

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona menggunakan formasi baru 4-2-3-1 saat menghadapi Gimnastic Tarragona pada laga uji coba, Sabtu (12/9/2020). 22 pemain dimainkan dalam dua babak pada pertandingan yang dimenangkan Barcelona 3-1 itu.

Formasi 4-2-3-1 termasuk hal asing buat Barcelona. Dengan pakem 4-3-3 yang sudah mengakar di Katalunya, Barcelona pernah memodifikasinya menjadi 3-4-3 atau 4-4-2.

Lalu mengapa Ronald Koeman rombak tradisi Barcelona? Koeman punya alasan untuk menerapkan formasi ini.

"Ini mungkin berbeda dan boleh jadi lebih defensif dari apa yang kita lihat di tahun-tahun sebelumnya," ujar Koeman seperti dikutip as.

"Tapi tujuannya yaitu untuk mengalirkan bola, mempertahankannya dan mencoba cari ruang untuk bermain di antara garis, di belakang gelandang lawan. Saya yakin tim ini bisa melakukannya karena kami punya gelandang seperti itu."

Formasi Barcelona mirip yang digunakan Real Madrid. Meski Madrid lebih cenderung gunakan tiga gelandang bertahan dengan 4-3-2-1.

 

Saksikan Video Barcelona di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lega

Koeman juga mengungkapkan kegembiraannya karena tak ada pemain cedera di uji coba pertama.

"Paling penting tak ada pemain cedera. Semua pemain sudah tampil 45 menit. Ada momen dengan intensitas yang bagus," ujar Koeman seperti dikutip as.

"Pasti ada beberapa hal yang bisa diperbaiki tapi kami gembira. Kami sudah berlatih dua pekan dan masih ada dua pekan lagi."

 

3 dari 4 halaman

Pramusim Singkat

Koeman juga memperhitungkan pramusim yang singkat menjelang bergulirnya Liga Spanyol. Itulah mengapa dia perlu melihat seluruh pemain.

"Penting bagi pemain sudah tampil karena ini pramusim yang tidak normal. Kami hanya punya waktu empat pekan bukan enam. Ini rumit," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Genjot Fisik

 

Dia juga sudah punya bayangan apa yang harus dilakukan hingga dua pekan ke depan.

"Apa yang ingin kami lakukan sekarang yaitu latihan fisik dan dua pekan mendatang kami latihan fisik," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.