Heroik, Timnas Indonesia U-19 Imbangi Arab Saudi usai Tertinggal 3 Gol

Oleh Luthfie Febrianto pada 11 Sep 2020, 23:29 WIB
Diperbarui 11 Sep 2020, 23:29 WIB
Sandi Arta Samosir
Perbesar
Sandi Arta Samosir bangga mendapatkan kesempatan bermain di Timnas Indonesia U-19, namun kecewa dengan hasil pertandingan melawan Kroasia. (dok. PSSI)

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 mengakhiri turnamen mini di Kroasia dengan hasil imbang. Meladeni Arab Saudi, Timnas Indonesia yang sempat tertinggal 1-3, memaksa pertandingan selesai dengan skor 3-3, Jumat (11/9/2020) WIB.

Pertandingan melawan Arab Saudi menjadi yang terakhir bagi Timnas Indonesia U-19 dalam turnamen mini di Kroasia. Pada dua laga sebelumnya, pasukan Shin Tae-yong kalah dari Bulgaria dan tuan rumah, Kroasia.

Timnas Indonesia U-19 bermain melempem pada babak pertama. Bagaimana tidak, gawang Garuda Muda bobol tiga kali saat pertandingan belum memasuki menit ke-40.

Gawang timnas bobol pertama kali lewat gol penalti Khalil Alabsi di menit 27. Penalti diberikan setelah Komang Tri melakukan handball di kotak 12 pas.

Arab Saudi kembali mencetak gol pada menit ke-33 lewat Marran juga lewat penalti. Itu setelah Brlian Aldama melanggar salah satu pemain Arab Saudi.

Empat menit kemudian, Althekralla membuat Arab Saudi unggul 3-0 atas timnas U-19. Jelang babak pertama berakhir, timnas Indonesia U-19 berhasil memperkecil kedudukan.

Umpan silang Witan Sulaeman dimanfaatkan dengan jeli oleh Irfan Jauhari. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-3.

2 dari 5 halaman

Babak Kedua

Timnas Indonesia U-19
Perbesar
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengklaim Timnas Indonesia U-19 mengalami perkembangan yang pesat dalam pemusatan latihan di Kroasia. (dok. PSSI)

Timnas Indonesia U-19 bermain lebih menyerang pada babak kedua demi mengejar ketinggalan. Proses terjadinya gol kedua timnas Indonesia U-19 mirip dengan proses gol pertama.

Namun kali ini, umpan silang berasal dari kaki Bagas Kaffa yang masuk sebagai pemain pengganti. Umpan matang Bagas disambar Sadam yang lolos dari pengawalan.

Kesuksesan mencetak dua gol dari umpan silang membuat timnas U-19 mencoba strategi yang sama untuk mencari gol penyeimbang. Usaha timnas U-19 membuahkan hasil ketika Braif Fatari menciptakan gol jelang peluit menit akhir.

Gol Braif membuat pertandingan berkesudahan dengan kedudukan 3-3.

3 dari 5 halaman

Susunan Pemain Indonesia

Indonesia: Muhammad Adi Satryo; Ahmad Rusadi, Komang Tri Arta, Pratama Arhan Alif Rifai, Mochamad Yudha Febrian; Witan Sulaeman, David Maulana, Byrlian Aldama, Khairul Zakiri; Irfan Jauhari, Braif Fatari.

4 dari 5 halaman

Hasil Lengkap Timnas Indonesia di Kroasia

Timnas Indonesia U-19 0-3 Bulgaria

Timnas Indonesia U-19 1-7 Kroasia

Timnas Indonesia U-19 3-3 Arab Saudi

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Timnas Indonesia di Bawah Ini

Lanjutkan Membaca ↓