Sukses

PBSI Putuskan Indonesia Mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020

Indonesia memastikan mundur dari pentas Piala Thomas dan Uber 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia memastikan mundur dari pentas Piala Thomas dan Uber 2020. Hal itu diumumkan lewat situs resmi Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Jumat (11/9/2020).

PBSI menyebut ada tiga alasan yang melatari keputusan tersebut. Alasan pertama adalah rasa khawatir para atlet terhadap kemungkinan terpapar covid-19.

Para atlet tidak hanya khawatir saat bertanding melainkan saat perjalanan, transit, atau menuju tempat pertandingan. Kedua, BWF selaku Federasi Badminton Dunia belum punya langkah konkrit apabila ada atlet yang dinyatakan positif covid-19.

Ketiga, mengacu pada dua alasan di atas, jajaran pimpinan PBSI yaitu Ketua Umum PP PBSI Wiranto, Wakil Ketua Umum I dan Ketua Harian PP PBSI Alex Tirta, Sekretaris Jenderal PP PBSI Achmad Budiharto, serta Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Susy Susanti memutuskan tim bulutangkis Indonesia mundur dari Piala Thomas dan Uber 2020.

"Tim Indonesia dipastikan mundur dari Piala Thomas & Uber 2020, kami sudah mengirim surat ke Menpora dan akan segera mengirim pernyataan tertulis ke BWF mengenai hal ini," kata Sekretaris Jenderal PBSI, Achmad Budiharto.

"Keputusan ini diambil setelah kami berdiskusi dengan para atlet dan tim ofisial,” katanya.

Budiharto menambahkan, para atlet sebetulnya sangat antusias untuk tampil di Piala Thomas dan Uber 2020. Namun mereka menjadi ragu lantaran pandemi covid-19 belum mereda.

Di saat bersamaan, penanganan pandemi juga belum optimal. "Kalau ditarik dari awal, semuanya semangat karena melihat kesempatan yang begitu besar, tapi dalam perjalanan waktu dan mencermati perkembangan Covid-19 yang belum terselesaikan, baik di Indonesia maupun di negara lain, menimbulkan keraguan para atlet," katanya.

Saksikan Video Bulutangkis di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Absen di Denmark Open

Dengan mundurnya tim Indonesia dari Piala Thomas & Uber 2020, otomatis Indonesia juga tidak akan berpartisipasi di ajang Denmark Open I dan Denmark Open II yang merupakan bagian dari turnamen seri Eropa.

Hingga saat ini sudah ada lima negara yang secara resmi mengundurkan diri dari Piala Thomas dan Uber 2020 yaitu Australia, Chinese Taipei, Thailand, Korea Selatan, dan Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.