Sukses

RFEF Bakal Terapkan Aturan Baru untuk Sepak Bola Spanyol

Sejumlah kode disiplin bakal mengalami perubahan signifikan pada sepak bola Spanyol musim ini, apa saja?

Liputan6.com, Jakarta Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) telah menggodok aturan baru bagi sepak bola di negaranya.  Sejumlah kode disiplin bakal mengalami perubahan signifikan pada musim ini setelah dewan olahraga menyetuji rancangan tersebut, seperti dilansir dari Marca, Rabu malam (9/9/2020). 

Perubahan termasuk sanksi tambahan bagi kartu kuning yang disengaja dan pembatalan larangan bertanding bagi pemain yang menerima akumulasi kartu di awal musim. Sementara aturan baru nanti juga membuat protes terhadap pengadil lapangan berpotensi mendapat hukuman yang lebih berat. 

Selama ini, pemain yang mendapat akumulasi kartu di kompetisi Spanyol dijatuhi larangan bertanding . Jumlah akumulasi untuk mendapatkan hukuman ini berbeda-beda untuk setiap level kompetisi.

Namun dalam aturan baru nanti akumulasi yang diterima pemain pada musim sebelumnya, tidak akan berlaku untuk musim berikutnya. Artinya, seluruh pemain dipastikan bisa tampil pada musim baru.  

Pemutihan kartu kuning juga diberlakukan di ajang Copa del Rey. Pada turnamen ini, akumulasi hanya berlaku sampai babak perempat final saja. Dengan demikian, pemain yang menerima kartu kuning di babak semifinal tidak perlu khawatir absen saat timnya berhasil melaku ke partai final. 

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kartu Kuning Disengaja

Di level La Liga, pemain yang sudah mengoleksi lima kartu kuning berpotensi mendapat hukuman tambahan. Selain dilarang tampil, pemain juga terancam dijatuhi denda sebesar 600 euro atau setara Rp 10,4 juta bila mereka dianggap sengaja mendapatkan kartu kuning saat pertandingan. 

Selama ini, beberapa pemain yang sudah mengantongi banyak kartu kuning sering melakukan hal ini. Mereka dengan sengaja menerima kartu kuning saat pertandingan agar hukuman larangan bertanding yang mereka terima berlaku saat timnya berhadapan dengan lawan yang dianggap lebih lemah. 

Ke depannya, wasit akan mempelajari bagaimana pelanggaran itu dilakukan dan menimbang keseluruhan sikap pemain sepanjang pertandingan sebelum kemudian membuat penilaian. di media atau di media sosial, akan dihukum lebih berat dari pada kampanye sebelumnya.

 

3 dari 3 halaman

Protes Berlebihan

Pemain yang berlaga di sepak bola Spanyol sebaiknya hati-hati dalam melakukan protes. Sebab pemain yang menunjukkan perbedaan pendapat dengan pemain atau perangkat pertandingan atau pemain lain di luar pertandingan, baik itu lewat media atau media sosial berpotensi mendapatkan hukuman yang lebih berat dari musim sebelumnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.