Sukses

Kalah Telak Lawan Kroasia, Timnas Indonesia U-19 Dapat Pengalaman Berharga

Tim Nasional Indonesia U-19 kembali harus mengakui keunggulan lawannya di laga International U-19 Friendly Tournament 2020 saat melawan Kroasia.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-19 kembali harus mengakui keunggulan lawannya di laga International U-19 Friendly Tournamen saat melawan Kroasia pada Selasa (8/9/2020). 

Pada laga kedua turnamen mini itu, Timnas Indonesia U-19 harus takluk ditangan tuan rumah dengan skor 1-7 di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Kroasia. 

Pada laga ini tim Garuda Muda mencoba bermain santai dan tanpa beban serta mencoba menahan serangan dari pemain tim tuan rumah, mengingat tim Kroasia adalah lawan yang berat bagi Garuda Muda karena sudah meraih dua kemenangan di laga sebelumnya. 

Namun pada babak pertama, timnas U-19 sudah tertinggal 3-0 akibat gol Filip Zrilic pada menit ke-26, pada menit ke-31 dicetak oleh Arjian Brkovic dan Marco Boras pada menit ke-44. 

Walupun tertinggal 3-0, Garuda Muda mampu mencetak satu gol melalui Bagas Kaffa pada menit ke-70. Namun selisih 20 menit sebelum peluit panjang, Kroasia menambah gol melalui gol Antonio Marin menit 44 dan 73, lalu Bruno Zdunic  dan Ivan Brnic pada menit ke-66. Skor pun menjadi 1-7 untuk Kroasia.

Usai pertandingan pelatih timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mengatakan bahwa hari ini timnya mendapat pelajaran berharga dari Kroasia apalagi kalah dengan skor yang sangat jauh. 

"Ada beberapa momen di pertandingan tadi bahwa para pemain bermain cukup baik dibanding laga melawan sebelumnya (Bulgaria). Namun secara hasil pasti ini mengecewakan karena kami kalah telak," kata Shin Tae-yong di laman resmi PSSI. 

Simak Video Timnas Indonesia U-19 Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masih Harus Diasah

Pelatih asal Korea itu juga menambahkan bahwa mental anak asuhnya masih harus diasah. 

Setelah pertandingan ini dapat dilihat bahwa beberapa kesempatan atau momentum yang tidak dieksekusi dengan baik oleh pemain. 

"Kami harus segera perbaiki kekurangan yang ada. Yang jelas tim masih berproses karena materi latihan dengan intensitas tinggi," tambah Shin Tae-yong di laman resmi PSSI. 

3 dari 3 halaman

Kecewa

Pemain belakang Garuda Muda Bagas Kaffa juga merasa kecewa dan sedih setelah kalah telak oleh Kroasia, yang seblumnya juga kalah 3-0 melawan Bulgaria di laga uji coba ini. Ia dan rekan-rekannya juga langsung mengintropeksi diri dengan kekalahan kedua ini. 

"Kami akan evaluasi, apa yang menjadi kekurangan kami kurang di permainan tadi. Kami bertekad agar bermain lebih baik lagi untuk laga selanjutnya," ungkap Bagas Kaffa.

Setelah melawan Kroasia, Indonesia akan berduel dengan Arab Saudi pada 11 September mendatang.

Selain mengikuti turnamen tersebut, skuat Garuda Muda juga akan melawan Qatar, Bosnia dan Herzegovina, serta Dinamo Zagreb selama di Kroasia. TC di Kroasia dijadwalkan hingga akhir September ini.

 

Penulis : Ray Kevin Agape

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.