Sukses

Mengenang Alfred Riedl: 5 Tahun Lalu Sudah Pernah Dikabarkan Tutup Usia

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl meninggal dunia di usia 70 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka tengah menyelimuti sepak bola Indonesia. Menurut Sport.24, mantan pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl, tutup usia, Selasa (8/9/2020) dini hari waktu Austria.

Sebelumnya, pada tahun 2015 lalu Alfred Riedl juga pernah santer diberitakan meninggal dunia. Jagat media sosial Twitter sempat heboh dengan kehadiran berita duka tersebut.

Untuk memastikan kebenaran kabar tersebut, Liputan6.com berusaha menghubungi nomor telepon pelatih kelahiran 1949 tersebut. Riedl menjawab langsung panggilan tersebut dan membantah kabar tentang kematiannya.

"Saya sangat sehat. Terima kasih sudah bertanya kepada saya. Saya juga sudah mendengar tentang berita itu dan saya pastikan saya dalam keadaan baik-baik saja," terang Alfred Riedl, saat dihubungi oleh Liputan6.com, Jumat (25/9/2015).

 

Saksikan juga video menarik di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ramai di Twitter

Hoax terkait meninggalnya Alfred Riedl memang langsung meramaikan media sosial saat itu. Terutama di Indonesia, mengingat dia cukup terkenal sebagai mantan pelatih Timnas senior Indonesia.

Setelah membawa timnas Indonesia ke final Piala AFF 2010, Rield kembali dipercaya menangani timnas di Piala AFF 2014 namun gagal lolos dari penyisihan grup. Pada 2016, Riedl kembali membawa timnas Indonesia ke final Piala AFF 2016 tapi kembali gagal juara setelah di final kalah dari Thailand.

 

3 dari 4 halaman

Kesehatan Menurun

Usia yang semakin sepuh memang membuat kesehatan Riedl terus tergerus. Pada Maret 2015, kondisi kesehatan Riedl sempat terganggu karena penyakit ginjal yang dideritanya.

Namun, setelah menjalani operasi ginjal di Austria, kondisi Riedl perlahan mulai membaik. Bahkan setahun kemudian, dia masih dipercaya menangani timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

 

4 dari 4 halaman

Selamat Jalan Coach

Kali ini kabar meninggalnya Riedl bukan hoax. Kepergian Riedl telah dikonfirmasi mantan asisten pelatih Timnas, Wolfgang Pikal. 

"Alfred Riedl tutup usia kemarin malam di umur 70 tahun. RIP coach Alfred teman dan mentorku. Terima kasih untuk persahabatan, ilmu dan pengalaman yang kamu bagikan kepada saya," ujar Pikal lewat pesan singkat.

 Selamat jalan coach...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.