Sukses

Jelang Bergulirnya Shopee Liga 1 2020, Arema FC Kesulitan Cari Lawan Uji Coba

Arema FC mengalami kesulitan untuk mencari lawan bertanding guna mempersiapkan diri jelang kompetisi Shopee Liga 1 2020.

Liputan6.com, Malang - Arema FC tengah mempersiapkan diri jelang bergulirnya kembali Shopee Liga 1 2020 pada Oktober mendatang. Saat ini, tim pelatih sedang mengatur jadwal untuk menggelar laga uji coba.

“Minggu kedua di bulan September kami ada program laga uji coba, mungkin ini menjadi laga uji coba yang terakhir bagi kami sebelum kompetisi,” ujar Charis Yulianto, asisten pelatih Arema FC, dikutip dari wearemania.

Charis mengungkap kriteria lawan yang diinginkan tim pelatih minimal bermain di kasta kedua kompetisi sepak bola Indonesia. Ia berharap manajemen bisa mewujudkan hal tersebut supaya para pemain bisa bertanding melawan tim yang levelnya tidak terlalu jauh.

Namun, hal tersebut nampaknya agak sulit direalisasikan oleh manajemen. Pasalnya, situasi juga sedang tidak menentu dan banyak klub yang tidak ingin mengambil resiko.

Dampaknya, Arema FC kemungkinan besar akan berlatih tanding melawan tim lokal kembali seperti dua laga sebelumnya. Apabila ini terjadi, Singo Edan tidak memiliki persiapan yang cukup mumpuni jelang bergulirnya kembali kompetisi kasta tertinggi di Indonesia.

Simak Video Arema FC Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hanya Lawan Tim Lokal

Sebelumnya Johan Alfarizi dan kawan-kawan telah melakoni dua uji coba melawan tim lokal. Semua laga dilahap habis dengan sukses dan berakhir kemenangan telak.

Pertama, Arema FC berhasil mengalahkan Arema U-20 dengan skor 5-2. Kemudian mereka mencukur habis tim lokal Kaki Mas dengan skor 7-0. Semua laga dilaksanakan di tempat yang sama, yakni di Stadion Kanjuruhan.

Walaupun hasilnya sangat mengesankan, tetapi permainan antara Arema FC dan klub lokal berada di level yang berbeda. Sehingga diperlukan lawan yang cukup sepadan untuk berkembang.

“Kami ingin melawan tim yang levelnya naik daripada lawan uji coba sebelumnya. Mungkin tim dari Liga 2, dari Liga 1 tidak dulu,” papar Charis.

3 dari 3 halaman

Belum Ada Pelatih Kepala

Hingga kini teka-teki siapa pelatih kepala Arema FC juga belum terjawab. Manajemen klub diketahui masih menunggu pelatih asal Brasil yang saat ini terkendala proses administrasi.

“Saat ini kami masih fokus bagaimana bisa mendatangkan pelatih asal Brasil ini. Semoga si agen bisa mendapatkan kemudahan untuk mengurus keperluan yang dibutuhkan,” ujar General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

Ruddy mengatakan sudah sepakat secara lisan dengan pelatih asal Brasil yang diketahui memiliki pengalaman berkarier di Asia tersebut. Ia menuturkan segala urusan teknis sudah selesai dan berharap sang nakhoda bisa datang tepat waktu.

“Kalau datangnya mendekati kick-off ya susah, Arema yang dirugikan. Mudah-mudahan tidak sampai situ. Sebenarnya, targetnya akhir Agustus atau awal September dia sudah melatih,” paparnya.

“Kalau sudah mentok dan tak kunjung terealisasikan, mungkin kami akan pakai pelatih asing yang saat ini ada di Indonesia atau pelatih lokal,” pungkas Ruddy.

 

Penulis

Dzaky Nurcahyo

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.