Rahasia Portugal Sukses Gilas Kroasia 4-1 di UEFA Nations League

Oleh Defri Saefullah pada 06 Sep 2020, 08:05 WIB
Diperbarui 06 Sep 2020, 08:05 WIB
Joao Felix - Portugal - UEFA Nations League
Perbesar
Gelandang Portugal Joao Felix dan rekan setimnya merayakan gol ke gawang Kroasia pada laga Grup 3 A UEFA Nations League di Stadion Dragao, Porto, Portugal, Minggu (6/9/2020) dini hari WIB. (Foto AP / Miguel Angelo Pereira)

Liputan6.com, Porto- Portugal berhasil mengalahkan Kroasia dengan skor meyakinkan 4-1 pada laga pertama grup UEFA Nations League di stadion Do Dragao, Porto, Portugal, Minggu (6/9/2020) dini hari WIB. Hasil ini langsung menempatkan Portugal di puncak klasemen grup 3.

Portugal memperoleh poin sama 3 dengan Prancis yang menang tipis 1-0 atas Swedia. Namun torehan gol Portugal lebih baik ketimbang Kylian Mbappe Cs.

Portugal sebagai juara bertahan UEFA Nations League memang diunggulkan. Meski tanpa Cristiano Ronaldo, Portugal masih bisa trengginas lewat gol Joao Cancelo, Diogo Jota, Joao Felix dan Andre Silva.

Pelatih Portugal, Fernando Santos yakin keberhasilan skuatnya tidak datang tiba-tiba. Semua ini disebutnya diraih berkat latihan sepekan ini.

"Pemain bisa memberikan penampilan seperti ini berkat latihan yang mereka lakukan sepekan ini. Faktanya hasil ini di luar dugaan," ujar Santos seperti dikutip situs UEFA.

 

2 dari 5 halaman

Kerja Keras

Tanpa Crsitiano Ronaldo, Portugal Lumat Kroasia di Laga UEFA Nations League
Perbesar
Para pemain Portugal merayakan gol yang dicetak oleh Joao Cancelo ke gawang Kroasia pada laga UEFA Nations League di Stadion Dragao, Minggu (6/9/2020). Portugal menang dengan skor 4-1. (AP/Miguel Angelo Pereira)

Santos mengatakan kedua tim baik Portugal dan Kroasia sama-sama harus kerja keras di pertandingan ini. Gol pertama baru terjadi di menit ke-41 yang membuat Portugal unggul 1-0 di babak pertama.

"Kedua tim dalam kondisi sama, dimana pemain sama-sama kelelahan. Kami melawan tim kuat dan kami sukses tampil 100 persen," ujar Santos.

Sementara itu pelatih Kroasia, Zlatko Dalic mengeluhkan agresivitas pasukannya. Kroasia seperti kehilangan pemain berpengalaman seperti Luka Modric yang tidak main.

 

3 dari 5 halaman

Komentar Dalic

Tanpa Crsitiano Ronaldo, Portugal Lumat Kroasia di Laga UEFA Nations League
Perbesar
Para pemain Portugal merayakan gol yang dicetak oleh Andre Silva ke gawang Kroasia pada laga UEFA Nations League di Stadion Dragao, Minggu (6/9/2020). Portugal menang dengan skor 4-1. (AP/Miguel Angelo Pereira)

"Kami harus menambah energi dan serangan. Kekalahan ini tentu sedikit menyakitkan, Portugal jauh lebih baik dan pantas menang," katanya.

"Kami harus bangkit tapi tentu tak mudah dalam tiga hari ke depan. Kami harus menunjukkan energi dan keinginan. Kami akan hadapi lawan yang sangat kuat lagi melawan Prancis."

 

4 dari 5 halaman

Reaksi Pemain

Sementara itu, striker Portugal Diogo Jota membenarkan ada strategi yang dijalankan timnya sehingga bisa menang.

"Kami tahu sulitnya laga ini jadi kami harus bisa menguasai bola. Kami punya banyak peluang dan saya sangat bahagia bisa mencetak gol pertama untuk timnas," ujarnya.

"Hasil ini belum memberi apa-apa buat kami. Tapi tentu menyenangkan bisa memulai kompetisi dengan kemenangan."

5 dari 5 halaman

Saksikan Video Portugal di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓